1. Pengertian
Menyimpulkan adalah
mengikhtisarkan atau memberi pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan
sebelumnya. Kesimpulan juga bisa berarti kesudahan pendapat atau pendapat
terakhir yang dibuat berdasarkan uraian sebelumnya.
Kesimpulan tidak muncul
dengan tiba-tiba, tetapi dibuat dengan berpegang teguh pada uraian sebelumnya. Tidak
ada kesimpulan jika tidak ada uraian. Uraian bisa disusun secara lisan, seperti
dalam pidato atau ceramah, dan mungkin pula secara tertulis seperti dalam
artikel, laporan, dan sebagainya.
Jadi kesimpulan dalam
Penelitian Tindakan Kelas adalah proses yang akan menghasilkan jawaban
pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan oleh peneliti sebagai tujuan
perbaikan. Kesimpulan dapat dihasilkan setelah temuan dalam interpretasi data
disajikan dan dibahas. Berdasarkan temuan dan pembahasan tersebutlah dibuat
kesimpulan.
2. Ciri-ciri Sebuah Kesimpulan
a. Singkat, jelas dan padat
b. Kesimpulan harus sesuai dengan uraian
c. Kesimpulan harus dibuat sesuai dengan
tujuan perbaikan atau pertanyaan penelitian.
3. Langkah-langkah Pembuatan Kesimpulan
a. Cermati tujuan perbaikan atau pertanyaan
penelitian satu persatu, sehingga peneliti paham benar apa yang dicari dalam
penelitiannya.
b. Cari temuan atau deskripsi temuan (yang
dibuat berdasarkan hasil analisis data). Pasangkan setiap pertanyaa penelitian
atau tujuan perbaikan dengan deskripsi temuan.
c. Cermati uraian pada deskripsi temuan per
pertanyaan penelitian/ tujuan perbaikan, kemudian buat saripati atau ikhtisar
dari uraian tersebut dengan cara mengidentifikasi butir-butir penting dan
mensistensiskannya.
d. Setelah semua pertanyaan penelitian/
tujuan perbaikan disimpulkan temuannya, susun kesimpulan tersebut sesuai dengan
urutan pertanyaan penelitian/ tujuan perbaikan.
e. Periksa kembali kesesuaian antara
pertanyaan penelitian, uraian, dan kesimpulan, sehingga bisa diyakini bahwa
kesimpulan sudah dirumuskan dengan benar.
B.
Menindaklanjuti Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Bagaimana cara menindaklanjuti
hasil-hasil dari PTK. Pemikiran tersebut dituangkan dalam bentuk saran yang
ditujukan kepada berbagai pihak yang terkait dengan penelitian.
1. Pengertian
Saran berarti anjuran yang
perlu dipertimbangkan. Saran harus dibuat secara jelas dan operasional agar
benar-benar dapat dilaksanakan. Tentu saja berbagai pertimbangan seperti
kondisi lapangan, kemungkinan penerapan dan lain sebagainya harus dikasji
ketika membuat saran.
2. Rambu-rambu Pembuatan Saran
Saran yang merupakan
pendapat yang diajukan untuk dipertimbangkan haruslah memenuhi seperangkat
rambu-rambu, seperti berikut:
a. Saran harus sesuai dengan kesimpulan dan
hakikat penelitian yang dilakukan.
b. Saran harus mempunya sasaran yang jelas.
c. Saran untuk menindaklanjuti hasil PTK
sebaiknya bersifat konkret dan operasional sehingga mudah dilaksanakan dan
diterapkan.
d. Saran harus mempertimbangkan metodologi
atau prosedur penelitian yang dilaksanakan, serta bidang studi yang diajarkan.
e. Saran yang dibuat haruslah merupakan
pemikiran yang cukup penting untuk memperbaiki pembelajaran.
3. Langkah-langkah Membuat Saran Tindak
Lanjut
a. Cermati kesimpulan yang sudah dibuat. Pikirkan
apa implikasinya bagi pembelajaran yang akan datang, baik yang dikelola
sendiri, maupun yang akan dikelola oleh guru lain.
b. Pikirkan apa yang dapat ditindaklanjuti
dari kesimpulan yang sudah dibuat.
c. Tentukan kepada siapa saran akan
ditujukan.
d. Tulis saran dengan kalimat yang tegas dan
lugas, sehingga mudah dipahami dan menarik untuk dicobakan.
No comments:
Post a Comment