A. Pengertian Pembelajaran Terpadu
Kurikulum terpadu adalah
kurikulum yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemaduan isi,
keterampilan dan sikap (Wolfinger, 1994:133). Pembelajaran terpadu sebagai
suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan
beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi
anak.
Fokus perhatian
pembelajaran terpadu terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusahan
memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus
dikembangkan (Aminudin:1994). Berdasarkan hal tersebut, maka pengertian
pembelajaran terpadu dapat dilihat sebagai:
1. Suatu pendekatan pembelajaran yang
menghubungkan berbagai mata perlajaran yang mencerminkan dunia nyata di
sekeliling serta dalam rentang kemampuan dan perkembangan anak;
2. Suatu cara untuk mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan anak secara serentak (simultan);
3. Merakit atau menggabungkan sejumlah
konsep dalam beberapa mata pelajaran yang berbeda, dengan harapan siswa akan
belajar dengan lebih baik dan bermakna.
B. Karakteristik Pembelajaran Terpadu
Penerapan pendekatan
pembelajaran terpadu di sekolah dasar bisa disebut sebagai upaya untuk
memperbaiki kualitas pendidikan, terutaman dalam rangka mengimbangi gejala
penjejalan isi kurikulum yang sering terjadi dalam proses pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah-sekolah.
Terdapat beberapa
karakteristik dari pembelajaran terpadu, yaitu:
1. Pembelajaran terpadu berpusat pada
siswa.
2. Pembelajaran terpadu dapat memberikan
pengalaman langsung kepada siswa.
3. Dalam pembelajaran terpadu pemisahan
antar mata pelajaran menjadi tidak begitu jelas yang tema-temanya berkaitan
dengan kehidupan siswa.
4. Pembelajaran terpadu menyajikan
konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran.
5. Pembelajaran terpadu bersifat luwes.
6. Hasil pembelajaran dapat berkembang
sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
No comments:
Post a Comment