Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 26 June 2012

Bedah Plastik Ala Artis Korea


Korea Selatan bukan saja terkenal karena Kpop wave nya, juga terkenal karena aksi bunuh diri yang dilakukan oleh para artisnya yang depresi dan yang tak kalah menghebohkannya, terkenal karena plastic surgery yang dilakukan oleh bukan saja para selebritinya tapi juga oleh masyarakat biasanya. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh the economist, the daily mail uk dan chosun English, ternyata Korea Selatan menduduki peringkat nomor wahid dalam hal tindakan operasi plastik. Berdasarkan data Departemen Kesehatan Korsel, menyatakan bahwa 99% selebritisnya melakukan plastic surgery, dan 65% wanita Korea Selatan melakukan operasi plastik juga.
Sebenarnya apa sih plastic surgery atau operasi plastic. Operasi plastic atau bedah plastic ini adalah salah satu cabang ilmu kedokteran. Tujuannya adalah untuk merekontruksi atau memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Tujuan awal dari operasi plastic ini adalah untuk memperbaiki tubuh manusia yang rusak dikarenakan penyakit atau kecelakaan. Tapi, masa sekarang bedah plastic ini mengalami perluasan tujuan. Bedah plastic sekarang banyak dilakukan untuk mempercantik diri. Operasi plastik dengan tujuan mempercantik diri disebut juga operasi kosmetik.
Sengitnya persaingan di jagat hiburan Korea Selatan tenru saja mendorong para selebritisnya untuk memberikan yang terbaik yang bisa diberikan. Masyarakat Korea Selatan sangat terobsesi dengan kecantikan. Menurut mereka kecantikan itu diciptakan bukan diturunkan dan menurut kebanyakan masyarakat Korea, berwajah cantik maka akan memuluskan karier. Tak heran jika hampir semua selebritis Korea Selatan melakukan bedah kosmetik ini. Bukan hanya selebritis wanita saja tapi juga selebritis prianya.  
Sebenarnya dibandingkan dengan orang Asia lainnya, orang Korea memilki keunggulan kulit yang putih dan halus sehingga perempuan di Negara Asia yang beriklim tropis merasa iri dengan kulit orang Korea yang putih dan halus. Tetapi ternyata keunggulan itu tidak membuat mereka bersyukur, masih banyak keunggulan orang-orang dari kawasan Asia lainnya yang membuat mereka iri. Yang pertama adalah bagian mata. Sebagian besar orang Korea tidak memilki kelopak mata atau sering disebut double eyelid sehingga mata mereka terlihat kecil dan mengantuk. Selanjutnya adalah hidung mancung. Kebanyakan orang Korea berhidung pesek. Selanjutnya adalah bentuk wajah yang munggil dengan dagu yang runcing atau dikenal dengan bentuk wajah v-line. Kebanyakan struktur wajah orang Korea berbentuk kotak atau bulat.
Menurut International Society of Aesthetic Plastic Surgery (ISAPS), Korea Selatan merupakan pasar terbesar di dunia untuk prosedur kosmetik melalui pembedahan. Pada tahun 2010, di Asia telah dilakukan lebih dari 5,8 juta prosedur, masih lebih banyak dibandingkan prosedur di Amerika yaitu sekitar 4,5 juta prosedur.
Sebanyak 20% perempuan usia 19-49 tahun di Seoul, mengakui bahwa mereka telah menjalani prosedur bedah plastic. Bedah plastic paling popular di Korea Selatan adalah double eyelid surgery, bedah plastic ini mengurangi kelebihan kulit de kelopak mata bagian atas untuk membuat mata terlihat lebih lebar.
Bedah plastic yang dilakukan oleh perempuan biasanya operasi di bagian wajah, payudara, perut, kaki, lengan, bisa dikatakan setiap inci bagian tubuh wanita terkena sayatan pisau operasi atau suntikan kecantikan. Untuk bagian wajah, biasanya dilakukan operasi untuk membuat mata menjadi terlihat lebih besar. Untuk membuat efek mata yang ‘belo’ dilakukan bedah kosmetik ‘double eyelid’. Membuat hidung lebih mancung dengan menambahkan silicon atau tulang rawan dari bagian tubuh lainnya untuk ditanam di hidung sehingga hidung terlihat lebih tinggi dan mancung. Untuk hidung yang bengkok dilakukan pelurusan hidung dengan cara mengikis tulang hidung. Perempuan Korea juga terobsesi dengan bentuk wajah yang meruncing di bagian dagu atau lebih dikenal dengan bentuk wajah ‘v line’. Kebanyakan, bentuk rahang dari orang Korea berbentuk kotak atau bulat, dengan melakukan bedah plastik dengan cara mengikis tulang rahang sehingga rahang jadi terlihat lebih halus dan bentuk bulat ataupun kotak jadi lebih tirus. Bisa dibilang kebanyakan artis wanita di Korea ini mempermak wajah mereka dengan ekstrim. Bukan hanya suntik sana sini tapi juga sayat sana sini.



Di bagian tubuh yang lain tentu saja para perempuan ini melakukan operasi plastic untuk memperbesar payudara mereka dan pinggul mereka. Sedot lemak di daerah perut, lengan dan paha. Bisa dilihat semua kaki jenjang dari personil SNSD, bagaimana semua kaki lenjang para personilnya terlihat sama persis.
Dampak dari banyaknya prosedur bedah plastic di Korea Selatan membuat klinik bedah plastic bertebaran di Negara ginseng ini. Sampai-sampai ada satu daerah, distrik Gongnam yang di sepanjang jalannya adalah klinik operasi plastic (jika dibandingkan dengan jalan Riau di Kota Bandung yang sepanjang jalannya Factory Outlet dan Disto). Dan konon, daerah ini menjadi daerah wisata dimana mereka menawarkan paket wisata lengkap dengan paket bedah plastic dengan harga lebih murah 50% dari harga prosedur bedah plastic normal dan hasil yang luar biasa, hasil operasi yang terlahat sangat natural. Hal ini disebabkan karena mereka menggunakan bahan alami seperti tulang rawan dari si pasien bukan menggunakan silicon atau bahan buatan.
Bedah plastic untuk memperindah bentuk wajah maupun tubuh tidak hanya menimpa kalangan artis perempuannya saja tapi juga artis prianya. Kebanyakan prosedur yang dilakukan para artis pria Korsel ini adalah di bagian wajah, yaitu double eyelid surgery dan juga bedah plastic untuk membuat hidung tampak tinggi dan lebih mancung. Prosedut bedah plastic di kalangan artis pria juga dilakukan untuk daerah perut. Kebanyak dari mereka mendambakan perut yang six pack tanpa mau melakukan olahraga yang ketat untuk membuat otot di sekitar perut. Istilah yang terkenal untuk perut berotot adalah ‘chocolate abs’. mereka menyuntikan silicon di daerah perut mereka untuk membentuk efek ‘chocolate abs’.
Terkadang permak wajah bukanlah keinginan murni dari para artis. Perusahaan tempat mereka bernaunglah yang kemungkinan besar menuntut mereka untuk membaguskan wajah ataupun penampilan mereka. Persaingan di jagat hiburan Korea Selatan sangatlah sengit. Sehingga perusahaan tempat artis-artis bernaung mengeluarkan segala cara dan upaya untuk membuat artis mereka tetap laku. Dan kerap para artis yang telah melakukan prosedur bedah plastic harus tutup mulut walaupun berita tentang prosedur bedah plastic yang merka lakukan santer terdengar di seantero jagat hiburan, bukan hanya di Korsel saja tapi juga di negara-negara yang ‘terinfeksi’ virus Korean wave.
Bersyukurlan menjadi manusia yang sudah diciptakan Tuhan dengan sempurna. Tuhan tidak salah ‘adonan’ ketika menciptakan kita. Pasti ada hikmahnya kita dilahirkan dengan wajah yang cantik, ganteng, ataupun biasa-biasa saja. Tuhan sang Maha Pencipta, memberikan kadar wajah yang memang sesuai untuk kita. Tuhan memberikan wajah yang cantik dan tampan diatas rata-rata, agar senantiasa kita bersyukur dan memuji Dia karena telah memberikan keindahan kepada makhluk-Nya. Tuhan memberikan wajah yang rata-rata juga dengan hikmah agar kita bersyukur dan bersabar dengan karunia yang telah diberikan-Nya. Tuhan telah memberikan porsi yang paling adil untuk kita hamba-Nya. Yang terpenting adalah kecantikan yang terpancar dari dalam diri-inner beauty. Untuk apa wajah yang cantik jika hatinya sangat buruk. Untuk apa wajah yang tampan jika akhlaknya busuk. Cantik dan tampannya wajah seseorang bukanlah dilihat dari besar atau kecilnya mata, mancung atau peseknya hidung, tinggi atau rendahnya tulang pipi, besar atau kecilnya rahang wajah, putih atau hitamnya warna kulit, tapi dilihat dari pancaran sinar kebahagian dan kecantikan dari wajah yang senantiasa terbasuh air wudhu yang didalamnya selalu terpancar rasa syukur. Wallahu’ala …^-^…                   


sumber: dari berbagai sumber, salah satunya http://www.asfansclub.com

No comments:

Post a Comment