Tuesday, 26 June 2012

Yesung, Oplas (Operasi Plastik), Benarkah?


Korea Selatan bukan saja terkenal karena Kpop wave nya, juga terkenal karena aksi bunuh diri yang dilakukan oleh para artisnya yang depresi dan yang tak kalah menghebohkannya, terkenal karena plastic surgery yang dilakukan oleh bukan saja para selebritinya tapi juga oleh masyarakat biasanya. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh the economist, the daily mail uk dan chosun English, ternyata Korea Selatan menduduki peringkat nomor wahid dalam hal tindakan operasi plastik. Berdasarkan data Departemen Kesehatan Korsel, menyatakan bahwa 99% selebritisnya melakukan plastic surgery, dan 65% wanita Korea Selatan melakukan operasi plastik juga.
Sebenarnya apa sih plastic surgery atau operasi plastic. Operasi plastic atau bedah plastic ini adalah salah satu cabang ilmu kedokteran. Tujuannya adalah untuk merekontruksi atau memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Tujuan awal dari operasi plastic ini adalah untuk memperbaiki tubuh manusia yang rusak dikarenakan penyakit atau kecelakaan. Tapi, masa sekarang bedah plastic ini mengalami perluasan tujuan. Bedah plastic sekarang banyak dilakukan untuk mempercantik diri. Operasi plastik dengan tujuan mempercantik diri disebut juga operasi kosmetik.
Sengitnya persaingan di jagat hiburan Korea Selatan tentu saja mendorong para selebritisnya untuk memberikan yang terbaik yang bisa diberikan. Masyarakat Korea Selatan sangat terobsesi dengan kecantikan. Menurut mereka kecantikan itu diciptakan bukan diturunkan dan menurut kebanyakan masyarakat Korea, berwajah cantik maka akan memuluskan karier. Tak heran jika hampir semua selebritis Korea Selatan melakukan bedah kosmetik ini. Bukan hanya selebritis wanita saja tapi juga selebritis prianya.
Sebagai contoh adalah personil Super Junior, Yesung. Sebenarnya Yesung bukanlah artis Korsel yang melakukan permak wajah secara ‘jor jor an’ dan ekstrim. Alasan diambil Yesung sebagai contoh kerena penulis suka dengan penyanyi member Suju ini (hehehehe). Dan diantara personil Suju yang lain kemungkinan besar Yesung adalah salah satu personil yang tidak terlalu ekstrim dalam memahat wajahnya. Masih banyak karakter wajah aslinya yang dibiarkan asli.
Penelisikan operasi plastik yang dilakukan oleh Yesung juga kemungkinan bisa benar tapi bisa juga salah. Yang dilakukan oleh penulis hanyalah memperhatikan perubahan wajah Yesung sejak sebelum debut hingga sekarang.
Perubahan wajah Yesung yang paling menyolok adalah hidungnya. Dari perubahan yang terjadi, penulis yakin bahwa Yesung melakukan tindakan bedah plastic terhadap hidungnya. Perubahan tersebut bisa kita lihat dari photo awal Yesung sebelum debut hingga sekarang. Terlihat bahwa hidungnya yang sekarang lebih tinggi, walaupun terlihat bahwa bentuk hidung bawahnya masih terlihat sama semenjak masa remajanya. Kemungkinan besar Yesung ini meninggikan tulang hidung atasnya.
Perubahan selanjutnya yang terlihat mencolok adalah bentuk rahang dan pipinya. Yesung dikenal dengan pipi tembemnya. Pernah dia sendiri bilang bahwa pipinya tembem seperti ‘bun’ (semacam bakpao). Nah, kemungkinan besar Yesung ini diet dengan ketat untuk membuang lemak di pipinya, atau bisa juga ada kemungkinan dia sedot lemak di daerah pipinya (ini baru perkiraan dari penulis, belum tentu benar). Nah, dengan menyusutnya lemak yang ada di pipinya maka bentuk rahang wajah pun akan ikut berubah. Terlihat sekarang bahwa bentuk muka Yesung lebih lancip dan tirus membuat dia semakin ‘hot’ saja dengan penampilannya sekarang.



Banyak juga yang menyebutkan bahwa penyanyi yang satu ini melakukan bedah plastic di area dagunya agar terlihat runcing atau ‘v line’. Tapi kemungkinan ini sangat kecil, karena bentuk ‘v line’ ini lebih disukai oleh perempuan bukan pria, jadi kemungkinan Yesung melakukan bedah plastic di area dagunya sangat kecil. Dan juga bisa dilihat bentuk dagu Yesung ketika anak-anak. Dagunya memang sudah terlihat agak runcing. Sedikit agak feminim memang.

Mungkin penampakan bedah plastic yang dilakukan Yesung di daerah matanya tidak terlalu terlihat. Tapi, di Korea juga marak menambahkan zat sesuatu ke daerah bawah mata (menyuntikan  cairan untuk membuat efek kantung mata) sehingga terlihat kantung mata yang lebih menonjol, hal ini menimbulkan efek kantung mata sehingga mata terlihat lebih besar (bisa juga karena Yesung kecapean dengan jadwalnya sampai menimbulksan kantung mata). Tapi ini barulah ‘tudingan’ dari beberapa pihak, tidak diketahui dengan pasti apakah memang dia melakukan penyuntikan di daerah matanya agar terlihat besar atau hanya efek eye liner yang memang sering dipakai oleh Yesung.

Dan yang terkadang lebih membingungkan adalah efek hidung ‘mancung’ nya Yesung yang selalu terlihat berubah-ubah. Terkadang terlihat hidungnya di tahun 2010 lebih mancung dibandingkan hidungnya ditahun 2011. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan canggihnya metode make up yang diterapkan atau bisa juga proses dari fotoshop ataupun teknik dia dalam mengambil selca. Yesung ini terkenal karena kemahirannya dalam mengambil ‘angle’ foto sehingga dia akan terlihat lebih bagus ketika difoto. Kabarnya, fotografer professional yang sering menangani Suju dalam pengambilan gambar mengatakan bahwa Yesung tahu persis angle yang terbaik baginya.
So, kemungkinan besar bagian wajah yang Yesung permak adalah hidungnya karena terlihat sekali perbedaan yang mencolok pada bagian hidungnya jika membandingkan bentuk hidung di awal debut dan sekarang. Walaupun ada berita yang mengabarkan bahwa Yesung melakukan operasi  di daerah hidungnya untuk menghilangkapn penyakit sinusnya. Yah, menurut hemat penulis sih, Yesung  ini orangnya cerdas, melakukan 1 kali operasi untuk mendapatkan dobel keuntungan, selain penyakit sinusnya hilang, bentuk hidungnya juga makin bagus (hehehehe).  Untuk dagunya, kemungkinan besar masih asli. Untuk matanya pun kemungkinan besar masih belum terkena pisau operasi maupun suntikan, Yesung juga terkenal menjadi member Suju yang tidak mempunyai double eyelid.
Terlepas dari dipermak atau tidak wajahnya. Yang lebih penting yang Yesung miliki adalah suaranya. Sampai saat ini belum ada metode bedah plastic atau bedah apapun yang bisa membuat suara menjadi bagus kecuali metode ghurrah yang dapat menjernihkan suara dan mengeluarkan dahak dari tenggorokan sehingga membuat jernih suara.
Dan lagi, terkadang permak wajah bukanlah keinginan murni dari para artis. Perusahaan tempat mereka bernaunglah yang kemungkinan besar menuntut mereka untuk membaguskan wajah ataupun penampilan mereka.
Bersyukurlan menjadi manusia yang sudah diciptakan Tuhan dengan sempurna. Tuhan tidak salah ‘adonan’ ketika menciptakan kita. Pasti ada hikmahnya kita dilahirkan dengan wajah yang cantik, ganteng, ataupun biasa-biasa saja. Tuhan sang Maha Pencipta, memberikan kadar wajah yang memang sesuai untuk kita. Tuhan memberikan wajah yang cantik dan tampan diatas rata-rata, agar senantiasa kita bersyukur dan memuji Dia karena telah memberikan keindahan kepada makhluk-Nya. Tuhan memberikan wajah yang rata-rata juga dengan hikmah agar kita bersyukur dan bersabar dengan karunia yang telah diberikan-Nya. Tuhan telah memberikan porsi yang paling adil untuk kita hamba-Nya. Yang terpenting adalah kecantikan yang terpancar dari dalam diri-inner beauty. Untuk apa wajah yang cantik jika hatinya sangat buruk. Untuk apa wajah yang tampan jika akhlaknya busuk. Cantik dan tampannya wajah seseorang bukanlah dilihat dari besar atau kecilnya mata, mancung atau peseknya hidung, tinggi atau rendahnya tulang pipi, besar atau kecilnya rahang wajah, putih atau hitamnya warna kulit, tapi dilihat dari pancaran sinar kebahagian dan kecantikan dari wajah yang senantiasa terbasuh air wudhu yang didalamnya selalu terpancar rasa syukur (makanya sebagai muslim yang baik harus banyak wudhu yang artinya perbanyak juga sholatnya biar mukanya tambah 'mencrang'). Wallahu’alam …^-^…

Member Super Junior Operasi Plastik

5 comments:

  1. trus operasi mata nggak selalu membuat lipatan bisa juga menarik kebawah ke samping kanan kiri 1 lagi mengurangi lapisan lemak di mata juga bisa membuat mata kliatan lebih besar >,<
    dagu orang korea itu kotak jadi kalau runcing udah pasti operasi
    jadi kalau dari prediksi q setelah baca buku
    yesung itu pelebaran mata ke samping ma bawah menguangi lemak mata juga
    hidung rhinoplasctic surgery
    dagu jaw reduction biar mukanya V >,<

    source nama2 operasi plastik
    http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11898719

    ReplyDelete
  2. kalo untuk oprasi mata yg elstrim bawah samping kiri kanan atas saya rasa yesung ga gitu...bisa diliat mata yesung pas anak-anak emg udh terlihat agak besar...untuk jaw reduction juga sepertinya ga tuh..emg muka dia udh tirus dari dulunya...bisa diliat di muka dia pas mudanya atau remaja...saya yakin banget dia oprasi idung kalo yg lainnya baru sebatas perkiraan

    ReplyDelete
  3. menurut fanbase yang dapat dipercaya.
    Yesung tidak melakukan operasi plastik. Visual Yesung dari dulu kurang lebih tampak sama. Yesung memang melakukan diet untuk alasan kesehatan.

    Apabila ada tampak yang tak sama itu dikarenakan efek make up. Seperti bentuk pipi, itu juga dipengaruhi make up dan potongan rambutnya. Dia juga terkenal sebagai member yang memakai eye liner yg tajam untuk memperjelas garis matanya. Untuk hidung, itu juga efek make up.

    Yesung memang pernah melakukan operasi untuk hidungnya, itu dikarenakan penyakit dan demi mempertahankan kualitas vokalnya.

    Image Yesung di stage sangat kuat. Bila ingin melihat dan membandingkan Yesung non make up dengan Yesung sewaktu rookie dulu, bisa dilihat fancam Yesung di Handel & gretel (2011/2012).

    Semoga ini membantu ^^

    ReplyDelete
  4. hmmmm...fakta2 yg dikemukakan Lee Yoon Hee bisa saja memang benar...bisa jadi juga kurang tepat..
    masih yakin kalo tulang idungnya dibuat lebih tinggi...sedikit sih tapi keliatan bedanya...ga pa pa lah dia jadi tambah ganteng kan...hehehhe

    ReplyDelete
  5. Brillianty (Brillie)29 April 2014 21:01

    Wah,,

    lihat hasilnya menakjubkan banget ya. Jadi pingin oplas juga. Tapi pasti biayanya mahal.

    Majalah Pria Dewasa

    ReplyDelete