Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 10 June 2012

Kepercayaan


Kepercayaan itu sungguh amat mahal harganya. Ketika sebuah kepercayaan hilang maka akan sulit untuk didapatkan kembali. Kepercayaan yang kita dapatkan memang tidak akan mudah didapat tetapi sekalinya lepas maka dia akan dengan mudahnya terlepas dari genggaman kita.
Sebagai contoh adalah ketika kita diberi kepercayaan untuk dipinjami uang. Orang akan percaya untuk meminjamkan uang kapada kita karena mungkin kita dipercaya akan amanah dengan uang yang kita pinjam. Kita akan mengembalikan uang tersebut dengan tepat waktu sesuai yang dijanjikan. Sekali kita amanah dalam meminjam dan mengembalikan uang maka orang akan mudah memberikan kepercayaan kepada kita. kelak ketika kita meminjam uang kembali maka dengan mudahnya orang akan meminjamkannya kepada kita.
Tetapi sekali saja kita mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan orang lain kepada kita maka orang lain akan sulit untuk memberikan kepercayaannya kepada kita. ketika kita tidak amanah dalam maminjam uang. Tidak mengembalikan uang sesuai tengat waktu yang diberikan tanpa disertai alasan yang jelas, maka suatu saat katika kita ingin meminjam uang lagi, orang akan sulit untuk memberikan kepercayaannya kepada kita dengan meminjamkan uangnya.
Ketika sekali kita berjanji lalu kita tidak melaksanakan apa yang kita janjikan maka kepercayaan orang lain terhadap kita pun akan hilang dan kita pun akan dianggap pendusta atau ingkar janji, akan sulit untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari orang yang pernah kita bohongi ataupun khianati.
Ketika kita diberi amanah untuk menyimpan barang dari seseorang, ketika sekali saja kita mengkhianati amanah yang diberikan orang kepada kita maka kita akan sulit untuk diberi amanah kembali. Contohnya, sekali kita pernah mencuri barang dari seseorang dan orang itu tahu kita yang mencurinya maka hilanglah kepercayaan orang itu kepada kita. Jika suatu saat, orang tersebut kehilangan bendanya lagi, maka akan dengan mudah kita akan menjadi tersangka walaupun bukan kita yang melakukannya.
Jadi kepercayaan itu harus kita jaga dengan baik. Ketika kita diberi amanah maka kita harus menjaganya dengan baik karena ketika ketika kepercayaan itu hilang, akan sulit untuk mendapatkannya kembali. Wallahu’alam …^_^…

No comments:

Post a Comment