Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 4 March 2013

Karakter berdasarkan Golongan Darah

Di Indonesia, penilaian karakter lebih popular dengan berdasar pada zodiac atau bintang kelahiran seperti aries, gemini, virgo dan zodiac lainnya. Di dunia barat pun penilaian karakter berdasarkan zodiac lebih popular. Bahkan, di setiap majalah remaja pasti saja terselip lembaran khusus yang membahas tentang ramalan berdasarkan zodiac. Juga ketika kita berkenalan dengan teman baru, seringkali hal yang ditanyakan adalah zodiacnya. Pun ketika meilih pasangan, banyak dari masyarakat Indonesia yang masih mempercayai bagusnya jodoh jiga zodiacnya cocok, misalnya virgo cocok dengan aries atau Gemini cocoknya dengan libra. Teringat juga ketika seorang host terkenal, Tukul, selalu menebak zodiac dari setiap bintang tamunya.

Jika di Indonesia, masyarakatnya lebih banyak percaya dengan zodiac ketika berhubungan dengan karakter, tidak demikian dengan masyarakat di Jepang maupun Korea Selatan. Mereka lebih mempercayai golongan darah untuk menentukan karakter seseorang. Bahkan ketika mereka pertama kali berkenalan, hal yang sering mereka tanyakan adalah golongan darah.

Yah, baik zodiac maupun golongan darah memang tidak pasti mengukur karakter dari seseorang. Hanya saja terkadang, golongan darah dan zodiac tertentu menjadi ukuran bagi sebagian orang untuk mengambil langkah lebih jauh. Contohnya, di Jepang dan Korea Selatan, orang dengan golongan darah B adalah tipe orang yang tidak disukai karena sifat-sifat yang buruk yang melekat dengan tipe golongan darah B dan sebaliknya, golongan darah A adalah golongan yang memiliki sifat- sifat yang baik.

Berikut adalah karakter-karakter manusia berdasarkan golongan darah (ini hanyalah untuk ajang fun-fun saja. tidak akurat benar 100%. Jikalau memang ada hal yang baik yang bisa diambil maka ambillah. Tapi jika memang dirasa tidak berguna maka tidak perlu diambil hati.)

Tipe A (Golongan Darah A)
·         Serius, sabar, kalem, konservatif
·         Bisa dipercaya dan diandalkan
·         Keras kepala
·         Terencana, melakukan tugas/ tanggung jawab dengan serius dan konsisten
·         Jujur
·         Lebih sering menghindar/ menyendiri, terlebih lagi dengan orang yang tidak sependapat
·         Menyimpan rapat emosi dan perasaannya dan hanya bisa berbagi dengan orang lain jika merasa nyaman (introvert)
·         Perfeksionis

Tipe B (Golongan Darah B)
·         Kreatif dan optimis
·         Selalu penasaran dengan segala hal
·         Selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dan terkadang mengabaikan hal yang lainnya agar tujuannya tercapai
·         Penyendiri dan mengisolasi dirinya dari orang lain
·         Pelupa dan Kurang bertanggung jawab
·         Self-centered (narsis)
·         Tidak peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain terhadap dirinya
·    Terlihat seperti orang yang dangkal dan pemalas tapi akan berusaha dengan keras jika fokus terhadap tujuan pribadinya

Tipe AB (Golongan Darah AB)
·         Empatik, terkontrol dan rasional
·         Mudah untuk ‘lost in thought’
·      Terkadang terlihat seperti memiliki kepribadian ganda, karena terkadang mereka menutup hal yang sebenarnya dari dirinya
·         Memiliki banyak teman tapi juga membutuhkan waktu untuk menyendiri
·         Sulit untuk memaafkan
·         Tidak tegas
·         Bersikap kritis
·         Lebih dikontrol oleh kepala daripada hati
·         Bagus dalam mengelola keuangan
·         Sulit diprediksi
·         Terkadang tak dapat dipercaya

Tipe O (Golongan Darah O)
·         Menjadi ‘cheerleader’ bagi teman-temannya
·         Menerima apapun tanpa banyak protes
·         Sangat baik dati
·         Disukai oleh banyak orang
·         Sangat fleksibel dan mampu beradaptasi dengan baik
·         Terkadang membuat kesalahan karena tidak fokus
·         Ambisius
·         Percaya diri
·         Sombong
·         Tidak sensitive
·         Kejam
·         Pemimpin yang baik
·         Ramah, ekspresif dan penuh semangat
·         Terkadang bisa membuat orang lain bosan mendengarkan obsesinya
·         Tidak berani mengambil resiko, cenderung bermain aman

Tipe A adalah seorang pemimpi yang romantis. Tipe A adalah orang yang sangat sensitive dan mudah tersinggung bahkan dengan hal yang remeh yang sebenarnya tidak penting dan harus disikapi dengan perasaan yang sensitif. Selalu berpikir dengan cara sendiri sehingga seringkali terlibat dengan kesalahpahaman. Tipe A adalah orang yang tidak terlalu senang mengeluarkan pendapat pribadinya. Mereka selalu menyimpan rapat opininya. Tipe A adalah orang yang baik, selalu perhatian terhadap orang lain dan juga perhatian terhadap lingkungan sekitar. Tipe A adalah orang yang menyukai keromantisan, terkadang lupa dengan realita kehidupan karena terlena di dunia fantasinya. Orang yang keras kepala dan perfeksionis, menginginkan segalanya sempurna.

Tipe B adalah orang yang optimis dan menikmati segala hal. Menikmati hidupnya dan bahkan tertawa melihat  kegagalannya sendiri. Terkadang memiliki pemikiran yang jauh dari realita hidup. Tipe B terlalu mudah memandang hidup.

Tipe AB adalah orang yang yang bisa melakukan segala hal dengan kekonsistenan dan kesabarannya. Tipe AB mudah bekerja dalam kelompok. Suka dengan politik dan lingkungan hidup. Tipe AB adalah orang yang berintelegensi tinggi, tetapi terkadang dengan intelegensi tingginya membuat orang lain terlihat bodoh di mata tipe AB ini. Tipe AB adalah orang yang senang memerintah dan terkadang memandang remeh orang lain dan kurang menghormati orang lain.


Tipe O adalah orang dengan sifat kepemimpinan dan rasa percaya diri yang tinggi. memiliki kepribadian yang menyenangkan. Tipe O adalah orang yang tidak bisa melihat orang lain berada dalam kesulitan. Tipe O adalah orang yang ingin hidupnya seperti di dalam drama sehingga membuat orang-orang di sekitarnya tidak nyaman. Terlalu bangga dengan diri sendiri dan tidak menyukai nasihat dari orang lain. Karena terlalu percaya diri, jika tipe O mengalami kegagalan dalam mencapai tujuannya maka dia akan merasa seperti terjatuh dari gedung tinggi.


No comments:

Post a Comment