Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 9 June 2014

Shopaholic (Gila Belanja)

Belanja adalah salah satu kegiatan favorit wanita. Bisa dipastikan hampir semua (tidak semua sih) perempuan suka berbelanja, termasuk saya. Belanja adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, tentu saja bagian yang tidak menyenangkannya adalah ketika kita harus membayar barang-barang yang sudah kita beli. Heheheh…
Bagi sebagian perempuan belanja bisa jadi pelampiasan. Bisa pelampiasan ketika marah, sedih atau sakit hati. Terkadang untuk mencerahkan suasana hati yang sedang gloomy, kebanyakan perempuan berbelanja, termasuk saya juga hihihihi.
Namun belanja terus-menerus juga adalah kegiatan yang kurang baik. Jika kita sampai ketagihan berbelanja atau sering disebut shopaholic, hal ini bisa membuat kita terlilit hutang karena pendapatan kita tidak bisa menutupi biaya belanja kita sehingga bisa menimpbulkan depresi.
Walaupun belanja adalah kegiatan yang menyenangkan, tetap saja kita harus bisa mengontrol keinginan kita untuk berbelanja. Jangan sampai kegiatan yang menyenangkan ini malah menjerumuskan kita.
Berikut adalah crri-ciri jika kita sudah terkena penyakit shopaholic atau gila belanja. Ada baiknya kita berhati-hati jika kita sudah mengalami tanda-tanda berikut ini seperti yang dilansir oleh Blodsky

Menyimpan belanjaan yang belum dibuka
Kebiasaan yang umumnya dimiliki seorang penggila belanja adalah menyimpan bertumpuk-tumpuk belanjaan yang belum dibuka. Bahkan terkadang Anda lupa memiliki belanjaan tersebut. Tentu saja ini merupakan tanda bahwa barang-barang yang Anda beli sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Hidup bergantung pada belanja
Tanpa berbelanja hidup terasa sangat menyedihkan. Bagi para penggila belanja, tiada hari tanpa berbelanja. Bahkan setiap berjalan ke mal atau toko mereka merasa harus membeli sesuatu.

Menganggap penting semua barang
Ini merupakan kebiasaan buruk para penggila belanja. Mereka biasanya membeli seluruh barang yang mereka sukai tanpa memikirkan penting atau tidaknya barang tersebut untuk dimiliki. Mereka cenderung membeli barang yang sebenarnya sama sekali tidak mereka butuhkan.

Selalu punya alasan untuk berbelanja
Cara paling mudah melihat apakah Anda adalah seorang penggila belanja adalah dengan menyadari apakah Anda selalu punya alasan saat ingin membeli berbagai barang yang tidak Anda butuhkan. Umumnya, penggila belanja akan merasa stres jika tidak membeli barang yang disukai.

Membeli barang yang sudah dimiliki
Ingin membeli barang yang sudah Anda miliki adalah salah satu kebiasaan seorang penggila belanja. Mereka merasa tidak pernah cukup memiliki satu jenis barang. Mereka akan membeli barang yang sama dengan warna atau model yang berbeda.

sumber: life.viva.co.id

No comments:

Post a Comment