Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Thursday 7 April 2016

Kesimpulan dan Tindak Lanjut Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

A. Menyimpulkan Hasil PTK
1. Pengertian
Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau memberi pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya. Kesimpulan juga bisa berarti kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang dibuat berdasarkan uraian sebelumnya.
Kesimpulan tidak muncul dengan tiba-tiba, tetapi dibuat dengan berpegang teguh pada uraian sebelumnya. Tidak ada kesimpulan jika tidak ada uraian. Uraian bisa disusun secara lisan, seperti dalam pidato atau ceramah, dan mungkin pula secara tertulis seperti dalam artikel, laporan, dan sebagainya.
Jadi kesimpulan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah proses yang akan menghasilkan jawaban pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan oleh peneliti sebagai tujuan perbaikan. Kesimpulan dapat dihasilkan setelah temuan dalam interpretasi data disajikan dan dibahas. Berdasarkan temuan dan pembahasan tersebutlah dibuat kesimpulan.

2. Ciri-ciri Sebuah Kesimpulan
a. Singkat, jelas dan padat
b. Kesimpulan harus sesuai dengan uraian
c. Kesimpulan harus dibuat sesuai dengan tujuan perbaikan atau pertanyaan penelitian.

3. Langkah-langkah Pembuatan Kesimpulan
a. Cermati tujuan perbaikan atau pertanyaan penelitian satu persatu, sehingga peneliti paham benar apa yang dicari dalam penelitiannya.
b. Cari temuan atau deskripsi temuan (yang dibuat berdasarkan hasil analisis data). Pasangkan setiap pertanyaa penelitian atau tujuan perbaikan dengan deskripsi temuan.
c. Cermati uraian pada deskripsi temuan per pertanyaan penelitian/ tujuan perbaikan, kemudian buat saripati atau ikhtisar dari uraian tersebut dengan cara mengidentifikasi butir-butir penting dan mensistensiskannya.
d. Setelah semua pertanyaan penelitian/ tujuan perbaikan disimpulkan temuannya, susun kesimpulan tersebut sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/ tujuan perbaikan.
e. Periksa kembali kesesuaian antara pertanyaan penelitian, uraian, dan kesimpulan, sehingga bisa diyakini bahwa kesimpulan sudah dirumuskan dengan benar.


B. Menindaklanjuti Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Bagaimana cara menindaklanjuti hasil-hasil dari PTK. Pemikiran tersebut dituangkan dalam bentuk saran yang ditujukan kepada berbagai pihak yang terkait dengan penelitian.
1. Pengertian
Saran berarti anjuran yang perlu dipertimbangkan. Saran harus dibuat secara jelas dan operasional agar benar-benar dapat dilaksanakan. Tentu saja berbagai pertimbangan seperti kondisi lapangan, kemungkinan penerapan dan lain sebagainya harus dikasji ketika membuat saran.

2. Rambu-rambu Pembuatan Saran
Saran yang merupakan pendapat yang diajukan untuk dipertimbangkan haruslah memenuhi seperangkat rambu-rambu, seperti berikut:
a. Saran harus sesuai dengan kesimpulan dan hakikat penelitian yang dilakukan.
b. Saran harus mempunya sasaran yang jelas.
c. Saran untuk menindaklanjuti hasil PTK sebaiknya bersifat konkret dan operasional sehingga mudah dilaksanakan dan diterapkan.
d. Saran harus mempertimbangkan metodologi atau prosedur penelitian yang dilaksanakan, serta bidang studi yang diajarkan.
e. Saran yang dibuat haruslah merupakan pemikiran yang cukup penting untuk memperbaiki pembelajaran.

3. Langkah-langkah Membuat Saran Tindak Lanjut
a. Cermati kesimpulan yang sudah dibuat. Pikirkan apa implikasinya bagi pembelajaran yang akan datang, baik yang dikelola sendiri, maupun yang akan dikelola oleh guru lain.
b. Pikirkan apa yang dapat ditindaklanjuti dari kesimpulan yang sudah dibuat.
c. Tentukan kepada siapa saran akan ditujukan.
d. Tulis saran dengan kalimat yang tegas dan lugas, sehingga mudah dipahami dan menarik untuk dicobakan. 

No comments:

Post a Comment