Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 3 April 2016

Rencana dan Proposal Penelitian Tindakan Kelas

A. Rencana Perbaikan
Menuangkan alternatif perbaikan menjadi sebuah rencana yang siap untuk dilaksanakan menuntu guru untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan cermat. Rencana perlu kita tuangkan dalam sebuah format yang memungkinkan kita membuat perencanaan yang sistematis.
Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan RPP dengan akurat.
1. Membuat skenario pembelajaran yang terdiri dari langkah-langkah dalam pembelajaran yang berkaitan dengan perbaikan yang diinginkan.
2. Mempersiapkan fasilitas, sarana dan prasarana yang diperlukan dalam melaksanakan tindakan perbaikan, termasuk mempersiapkan alat peraga jika memang dibutuhkan.
3. Menyusun RPP yang lengkap.
4. Melakukan simulasi perbaikan, yang hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki scenario pembelajaran atau rencana perbaikan secara keseluruhan.

B. Menentukan dan Mempersiapkan Prosedur dan Instrumen Pengumpul Data
Cara dan instrument pengumpul data harus disesuaikan dengan tujuan perbaikan yang dirancang karena ketercapaian tujuan inilah yang menjadi fokus pengumpulan data.

C. Proposal PTK
1. Hakikat Proposal PTK
Penyusunan proposal atau usulan penelitian merupakan langkah awal yang harus dilakukan peneliti sebelum memulai kegiatan penelitian tindakan kelas PTK. Proposal penelitian tindakan kelas PTK dapat membantu memberi arah pada peneliti agar mampu menekan kesalahan yang mungkin terjadi selama penelitian berlangsung. Proposal penelitian tindakan kelas PTK harus dibuat sistematis dan logis sehingga dapat dijadikan pedoman yang mudah diikuti. Proposal penelitian tindakan kelas PTKadalah gambaran terperinci tentang proses yang akan dilakukan peneliti (guru) untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaan tugas (pembelajaran).Proposal penelitian tindakan kelas PTK
Proposal penelitian atau sering disebut juga sebagai usulan penelitian adalah suatu pernyataan tertulis mengenai rencana atau rancangan kegiatan penelitian secara keseluruhan. Proposal penelitian tindakan kelas PTK berkaitan dengan pernyataan atas nilai pentingnya penelitian. Membuat proposal penelitian tindakan kelas PTK bisa jadi merupakan langkah yang paling sulit namun menyenangkan di dalam tahapan proses penelitian. Sebagai panduan, berikut dijelaskan sistematika usulan penelitian tindakan kelas PTK.

2. Format Proposal PTK
Substansi proposal penelitian terdiri dari beberapa komponen berikut.
a. Pendahuluan, yang berisi latar belakang masalah.
b. Masalah, Tujuan dan Manfaat penelitian.
c. Kerangka teoritis.

d. Metodologi penelitian.

No comments:

Post a Comment