Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Thursday 11 August 2016

Pengertian Alat Peraga

Alat peraga merupakan alat atau benda untuk membantu guru atau siswa menerangkan atau mewujudkan konsep matematika. Benda-benda itu misalnya batu-batuan, kacang-kacangan, lidi, sedotan minuman, timbangan bilangan, batang kuesioner, kantong bilangan dapat digunakan untuk menjelaskan konsep bilangan dan operasi hitung bilangan. Model-model bangun datar untuk menjelaskan sifat-sifat, luas bangun datar. Kerangka, jaring-jaring dan bangun ruang, untuk menjelaskan konsep unsur-unsur bangun ruang maupun volume bangun datar. Benda-benda bidang beraturan atau pita bilangan untuk menerangkan konsep pecahan dan lain sebagainya.
            Ali dalam Sundayana (2015:7) menyatakan bahwa alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyatakan pesan merangsang pikiran, perasaan dan perhatian serta kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Menurut Pramudjono (2015), alat peraga adalah benda konkret yang dibuat, dihimpin atau disusun secara sengaja digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep matematika. Sedangkan Faizal, (2000:10), mendefinisikan Alat Peraga Pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.

           

No comments:

Post a Comment