بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Friday, 18 August 2017

Belajar Dari Kecoa

Tau binatang kecoa kan?...binatang yang menjijikkan, bau, pokoknya nyebelin apalagi kalo sudah terbang dan nemplok kena muka...atau nyelinap ke dalam celana atau baju...hiiiy..Dan bahkan ada sebutan bagi yang phobia kecoa yang disebut katsaridaphobia

Nah, ko bisa sih belajar dari kecoa...????

Ternyata kecoa itu binatang yang kuat, walaupun kepalanya sudah terlepas, ni binatang masih bisa bertahan hidup selama satu minggu. Kecoa juga binatang yang paling mudah dan cepat beradaptasi terhadap lingkungannya. Dan yang lebih hebatnya nih, ternyata kecoa juga punya radar khusus yang bisa mendeteksi rasa takut dari lingkungannya. Jadi kecoa bisa tau kalo kita takut atau jijik sama mereka. Nah, bukannya menjauh, nih kecoa bakalan mendekati orang-orang yang mengeluarkan hormon rasa takut.

Daya bertahan ni kecoa juga patut diacungi jempol. Selain bisa bertahan hidup tanpa kepala, kecoa juga memiliki pelindung kuat di punggungnya. Jadi, kalau dipukul gak teralu kuat, nih kecoa gak akan mati, dia akan membalikkan badannya. Nah setelah badannya terbalik, dia pun mampu bertahan dengan posisi badan yang terbalik. Dan ketika kita sudah menduga kecoa itu mati, trus kita akan menyapunya, maka amazingly, kecoa yang kita sangka mati karena tidak bergerak itu, akan tetiba bergerak dan berlari.

Kecoa itu telah hadir di muka bumi sejak 300 juta tahun yang lalu, berarti lebih tua dari dinosaurus. Nah, kenapa kecoa tidak punah?... Hal ini disebabkan daya tahan dan daya adaptasi yang luar biasa dari kecoa.  

Nah, jadi apa sih hikmah yang bisa kita ambil dari binatang yang menjijikkan ini. Ternyata banyak hal yang bisa kita ambil pelajaran dari hamba Allah yang satu ini. Daya tahan yang luar biasa, kita sebagai manusia harus memiliki daya tahan yang kuat tidak lemah. Mudahnya kecoa dalam beradaptasi juga bisa kita teladani. Kita sebagai manusia harus mudah beradaptasi. Beradaptasi dalam berbagai kondisi dan situasi. 

Wallahua'alam...^_^..

No comments:

Post a Comment