Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Thursday 12 September 2019

Rusia: Negeri Unik dan Misterius di Ujung Utara


Rusia, salah satu negara dari lima belas negara yang terpisah dari Uni Sovyet pada tanggal 25 Desember 1991 terletak di benua paling ujung di bagian utara bumi. Mendengar kata negara Rusia, bagi sebagian generasi milenial atau generasi zaman now, mungkin akan terdengar sedikit asing terkalahkan oleh kepopuleran negara dengan ikon k-pop atau ikon anime. Pun, bagi sebagian besar generasi 90 an, negara Rusia-saat itu masih bagian dari Uni Sovyet, hanya dikenal dari film-film asal Hollywood yang menggambarkan negara Rusia sebagai musuh bebuyutan. Dikenal dengan agen rahasianya KGB, yang digambarkan selalu terlibat perseteruan dengan agen-agen dari CIA atau FBI. Negara Rusia juga mungkin dikenal lewat pelajaran sejarah yang akan selalu dikenang sebagai negara pertama yang mengirimkan kosmonotnya, Yuri Gagarin mengelilingi bumi dengan pesawat ulang aliknya. Dan pengiriman kosmonotnya ke luar angkasalah inilah yang mungkin memicu negara musuh bebuyutannya saat itu untuk menciptakan pula cerita pengiriman manusia pertama dan mungkin satu-satunya ke bulan.
Rusia, dengan segala hal unik dan kemisteriusannya, mungkin akan menarik sedikit atau banyak orang untuk tetap mempelajarinya. Kemisteriusan negara Rusia ini mungkin dimulai dari runtuhnya kekaisaran Rusia, yaitu Kaisar Nikolai II. Pada awal abad 20, Kaisar Nikolai II beserta keluarganya diasingkan dan dieksekusi oleh kaum Bolshevik. Pada saat itu, semua keluarga Kaisar Nikolai II terbunuh, dan konon beredar cerita bahwa satu-satunya keturunan Kaisar Nikolai II, puteri Anastasia terselamatkan, walaupun hingga saat ini cerita tersebut tak pernah terbukti.
Uniknya negara Rusia dimulai dengan Bahasa yang digunakan oleh bangsa Rusia. Dengan tulisan yang khas dan Bahasa yang sulit dimengerti, Bahasa Rusia kemudian menjadi kurang populer di negara Indonesia ini. Tapi, dikemudian hari dengan populernya film kartun Masha and the Bear, kepopuleran Bahasa Rusia pun meroket dengan tanpa terduga. Dengan populernya film kartun Masha and the Bear ini membuat anak-anak kecil di Indonesia tidak lagi kagok melafalkan beberapa kata dalam Bahasa Rusia.
Uniknya negara Rusia merambah pada bentuk bangunan-bangunan yang sangat indah. Bentuk bangunan seperti negeri dongeng terlukis tepat pada bangunan-bangunan seperti St. Basil Katredal, Benteng bersejarah Kremlin, Red Square atau lapangan merah, Museum Hermitage, dan Gereja Kayu di Pulau Kizhi. Bentuk kubah dari bangunan-bangunan di negara Rusia ini mengingatkan akan bentuk kubah-kubah berwarna-warni yang terbuat dari gula-gula atau lollipop. Keunikan bentuk bangunan di Rusia ini akan menjadi daya tarik untuk jatuh cinta pada negara ini.
Bagi orang-orang yang menyukai hawa dingin, Rusia mungkin negara yang cocok untuk didiami. Negara Rusia adalah negara terdingin di dunia, saat musim panas, suhu di Rusia bisa menyentuh angka 27 derajat celcius. Menurut data statistik menunjukkan bahwa suhu rata-rata di Rusia adalah -5,5 derajat Celsius dalam satu tahun.
Bagi saya, seseorang penyuka hawa dingin, negara Rusia mungkin akan menjadi negara favorit untuk dikunjungi. Terlebih lagi, konon bagi orang Rusia, bentuk tubuh yang sedikit big size seperti saya akan dianggap cantik dan sempurna. Dengan anggapan inilah, saya akan lebih menyukai negara Rusia.




No comments:

Post a Comment