Analisis data adalah upaya
yang dilakukan oleh guru yang berperan sebagai peneliti untuk merangkum secara
akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang dipercaya dan benar
(Mills, 2000).
Interpretasi data adalah
upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab
pertanyaan penelitian.
Perlu diingat bahwa data
yang dikumpulkan oleh guru yang juga berperan sebagai peneliti merupakan data
kualititatif yang juga dianalis secara kualitatif-deskriptif.
Ada 3 langkah yang biasa
diikuti dalam menganalisis data kualitatif, yaitu:
1. data dapat dibaca dengan mudah,
2. peneliti dapat memaknai data tersebut,
3. data dapat diinterpretasikan,
4. pertanyaan penelitian dapat dijawab.
B.
Mengalisis dan Menyajikan Data
Data yang dikumpulkan dalam
PTK lebih cenderung merupakan data kualitatif. Oleh karena itu, analisis data
dilakukan secara kualitatif-deskriptif.
Analisis data dilakukan
dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan data yang sudah ada, merangkumnya,
kemudian menyajikannya dalam bentuk yang mudah dibaca ata dipahami.
Hasil analisis dapat berupa
pemilahan dan pengelompokkan data berupa catatan singkat dan tanda-tanda/ lambang
yang dibuat oleh pengamat dan catatan guru. Sajian analisis data kualitatif
dapat dibuat dalam bentuk uraian singkat, bagan alur, atau tabel sesuai dengan
hakikat data yang dianalisis.
Analisis yang akurat dan
cara penyajian yang tepat akan memungkinkan tafsiran/ interpretasi hasil
penelitian yang akurat dan valid. Oleh karena itu, dalam melakukan analisis,
guru harus sangat teliti dan cermat.
No comments:
Post a Comment