A. Pengertian dan
Tujuan
Menjelaskan mengandung
makna membuat sesuatu menjadi jelas. Dalam kegiatan menjelaskan terkandung
makna pengkajian informasi secara sistematis sehingga yang menerima penjelasan
mempunyai gambaran yang jelas tentang hubungan informasi yang satu dengan yang
lainnya.
Kegiatan menjelaskan
bertujuan untuk:
1. Membantu
siswa memahami berbagai konsep, hukum, dalil, dan sebagainya secara objektif
dan bernalar;
2.
Membimbing
siswa menjawab pertanyaan yang muncul dalam proses pembelajaran;
3. Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berpikir yang
lebih sistematis;
4.
Mendapatkan
balikan dari siswa tentang tingkat pemahamnya terhadap konsep yang dijelaskan
dan untuk mengatasi salah pengertian;
5. Memberi
kesempatan kepada siswa untuk menghayati proses penalaran dalam penyelesaian
ketidakpastian.
Penguasaan keterampilan
menjelaskan akan memungkinkan guru untuk:
1. Meningkatkan
efektivitas pembicaraan di kelas sehingga benar-benar merupakan penjelasan yang
bermakna bagi siswa;
2.
Memperkirakan
tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan;
3.
Membantu
siswa menggali pengetahuan dari berbagai sumber;
4.
Mengatasi
kekurangan berbagai sumber belajar;
5.
Menggunakan
waktu secara efektif.
B. Komponen-komponen Keterampilan
Menjelaskan
1. Keterampilan merencanakan penjelasan
a. merencanakan isi
pesan (materi)
b. menganalisi
karakteristik penerimaan pesan
2. Keterampilan menyajikan penjelasan
a. kejelasan
b. penggunaan
contoh dan ilustrasi
c. pemberian
tekanan
d. balikan
C. Prinsip Penggunaan
Dalam memberikan
penjelasan, guru perlu memperhatikan hal-hal berikut:
1. Memperhatikan kaitan antara yang
menjelaskan, yang mendengarkan dan bahan yang dijelaskan.
2. Penjelasan dapat diberikan pada awal,
tengah dan akhir pelajaran.
3. Penjelasan yang diberikan harus
bermakna dan sesuai dengan tujuan pelajaran.
4. Penjelasan dapat disajikan sesuai
dengan rencana guru atau jika kebutuhan akan penjelasan datang dari pertanyaan
siswa.
No comments:
Post a Comment