Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 3 April 2016

Keterampilan Memberi Penguatan dalam Mengajar

A. Pengertian dan Tujuan
            Penguatan adalah respon yang diberikan terhadap perilaku atau perbuatan yang dianggap baik, yang dapat membuat terulangnya atau meningkatnya perilaku atau perbuatan yang dianggap baik tersebut.
Dalam kegiatan pembelajaran, penguatan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kefektifan kegiatan pembelajaran. Pujian atau respon positif guru terhadap perilaku dan perbuatan siswa yang positif akan membuat siswa merasa senang karena dianggap mempunyai kemampuan.
            Dalam kaitan dengan kegiatan pembelajaran, tujuan memberi penguatan adalah untuk:
1. meningkatkan perhatian siswa;
2. membangkitkan dan memelihara motivasi siswa;
3. memudahkan siswa belajar;
4. mengontrol dan memodifikasi tingkah laku siswa serta mendorong munculnya perilaku yang positif;
5. menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa;
6. memelihara iklim kelas yang kondusif.

B. Komponen Keterampilan Memberi Penguatan
1. Penguatan verbal
            Penguatan diberikan dalam bentuk komentar, pujian, dukungan, pengakuan, atau dorongan yang diharapkan dapat meningkatkan tingkah laku dan penampilan siswa.

2. Penguatan non-verbal
            Penguatan non-verbal dapat ditunjukkan dengan berbagai cara seperti:
     a. mimik dan gerakan badan
     b. gerak mendekati
     c. sentuhan
     d. kegiatan yang menyenangkan
     e. pemberian symbol atau benda

3. Penguatan tak penuh
            Penguatan tak penuh diberikan untuk jawaban atau respon siswa yang hanya sebagian benar, sedangkan sebagian lainnya masih perlu diperbaiki. Kemudian guru meminta siswa lain untuk memberikan jawaban yang masih perlu diperbaiki tersebut. Dengan demikian, siswa akan memahami kualitas jawabannya sehingga penguatan yang diberikan guru benar-benar bermakna.

C. Prinsip Penggunaan
            Berikut adalah prinsip-prinsip pemberian penguatan, yaitu:
1. kehangatan dan keantusiasan
2. kebermaknaan
3. menghindari penggunaan respon negatif
            Selain 3 prinsip diatas, guru juga harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. sasaran penguatan harus jelas
2. penguatan harus diberikan dengan segera

3. variasi dalam penguatan

No comments:

Post a Comment