Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday, 17 May 2016

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran
a. Hakikat Media
Media adalah alat penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Gerlach dan Ely dalam Sundayana (2014:14) menyatakan bahwa media jika digunakan dengan tepat akan membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
Menurut Hamidjoyo dalam Sundayana (2014:4) menyatakan batasan media sebagai bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebarkan ide, gagasan atau pendapat sehingga ide, gagasan dan pendapat yang dikemukakan itu sampai pada penerima yang dituju. 

b. Fungsi Media dalam Proses Pembelajaran
Sadiman dalam Sundayana (2014:5) menyatakan bahwa media mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.      Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalitas
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan daya indra.
3.      Menimbulkan gairah belajar.
4.      Memungkinkan anak untuk belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
5.      Memberikan rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
6.      Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar.
7.      Pembelajaran dapat lebih menarik.
8.      Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar.
9.      Waktu pelakasanaan pembelajaran dapat diperpendek.
10.  Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
11.  Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
12.  Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan.


No comments:

Post a Comment