Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday, 17 May 2016

Big Book Sebagai Media Pembelajaran Menulis

Big Book atau buku besar adalah buku bacaan yang memiliki ukuran, tulisan, dan gambar yang besar. Ukuran Big Book beragam dari mulai ukuran A3, A4, A5 atau dengan ukuran yang lebih besar lagi. Ukuran Big Book harus mempertimbangkan segi keterbacaan seluruh siswa di kelas. Big Book dapat digunakan di kelas awal karena Big Book memiliki karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru dapat memilih Big Book dengan isi cerita atau topik yang disesuaikan dengan minat siswa atau sesuai dengan tema pelajaran. (Buku Sumber untuk Dosen LPTK, Draft Januari 2014: 42)
Menurut Karges-Bone (Dalam Buku Sumber untuk Dosen LPTK, Draft Januari 2014: 43), sebuah Big Book akan membuat pembelajaran bahasa lebih efektif jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) Cerita singkat (10-15 halaman), (2) Pola kalimat jelas, (3) Gambar memiliki makna, (4) Jenis dan ukuran huruf jelas terbaca, dan (5) Jalan cerita mudah dipahami.
            Penggunaan Big Book dalam pembelajaran bahasa memiliki beberapa tujuan, yaitu:
1.      Memberi pengalaman membaca.
2.      Membantu siswa memahami buku.
3.      Mengenalkan berbagai jenis bahan bacaan kepada siswa.
4.      Memberi peluang kepada guru memberi contoh bacaan yang baik.
5.      Melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
6.      Menyediakan contoh teks yang baik untuk digunakan siswa.
7.      Menggali informasi. (www.prioritaspendidikan.org)

Dengan ukurannya yang besar disertai gambar yang menarik, dalam proses pembelajaran bahasa, Big Book memiliki beberapa keuntungan, seperti:
1.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran bahasa yang menyenangkan.
2.      Memungkinkan siswa melihat tulisan yang sama ketika guru membaca tulisan yang ada dalam Big Book.
3.      Memungkinkan siswa secara bersama-sama memberi makna pada setiap tulisan yang ada dalam Big Book.
4.      Membantu siswa untuk memahami hubungan antara bahasa lisan dan tulisan.
5.      Mengembangkan semua aspek bahasa.
6.      Dapat diselingi percakapan yang relevan mengenai isi cerita  dalam Big Book bersama siswa sehingga terjadi proses belajar yang interaktif. Topik bacaan akan berkembang sesuai dengan pengalaman dan imajinasi siswa. (Buku Sumber untuk Dosen LPTK, Draft Januari 2014: 44)

Berikut adalah langkah-langkah membuat Big Book.
1.      Siapkan kertas minimal berukuran A3 sebanyak 8-10 halaman atau 10-15 halaman, spidol warna, lem dan kertas HVS.
2.      Tentukan topik cerita.
3.      Kembangkan topik cerita menjadi cerita untuh dalam kalimat-kalimat singkat.
4.      Tentukan gambar atau ilustrasi untuk setiap halaman.
5.      Buatlan desain cerita dan gambar/ ilustrasi.
6.      Tuliskan kalimat singkat di atas kertas HVS.
7.      Tempelkan setiap kalimat tersebut di halaman yang sesuai dengan gambar/ilustrasi.
8.      Ide cerita Big Book dapat diambil dari kejadian-kejadian yang terjadi sehari-hari di kehidupan siswa. Ide yang lain juga bisa diambil dari informasi penting yang berisi pengetahuan, prosedur, atau jenis teks lainnya yang sesuai dengan tema di setiap kelas yang sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan.

(Buku Sumber untuk Dosen LPTK, Draft Januari 2014: 45)

No comments:

Post a Comment