Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan
yang harus dikuasai. Dengan keterampilan menulis yang cakap seseorang dapat
mengungkapkan pikiran dan gagasannya untuk maksud dan tujuannya. Dalam menulis
siswa memiliki tugas untuk menyusun kata dan kalimat dengan tepat agar
tulisannya dapat dipahami oleh pembaca dengan jelas. Keterampilan menulis
merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki siswa karena
kemampuan menulis berpengaruh terhadap pembentukan kemampuan berbahasa lain,
yaitu membaca, menyimak, dan berbicara.
Keterampilan
menulis tidak dapat dicapai dengan mudah. Untuk mendapatkan keterampilan
menulis yang baik diperlukan latihan yang intens dan berkelanjutan. Latihan
menulis itu banyak bentuknya. Seperti yang disampaikan oleh Hartati dan Cuhariah
(2015: hlm, 167), berikut adalah beberapa ragam latihan menulis yang dapat
dilakukan oleh siswa, yaitu: latihan menyalin, dikte/ imla, melengkapi dan
mencocokan gambar dengan tulisan, dan mengarang sederhana.
Zuchdi dan Budiasih (1996: hlm, 62) menjelaskan
bahwa kemampuan menulis merupakan jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat
produktif, yaitu menghasilkan tulisan. Menulis memerlukan kemampuan kompleks,
yaitu kemampuan berpikir secara teratur dan logis, kemampuan mengungkapkan
gagasan secara jelas dengan menggunakan bahasa yang efektif, dan kemampuan
menerapkan kaidah tulis-menulis dengan baik. Kemampuan ini meliputi diksi,
ejaan, kaidah kebahasaan dan sistematika penulisannya.
Suriamiharja, dkk (1996: hlm, 1), mengemukakan bahwa
keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang dalam melukiskan lambang grafik
yang dimengerti oleh penulis bahasa itu sendiri maupun orang lain.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa
keterampilan menulis adalah keterampilan seseorang dalam menyampaikan pesan,
ide atau gagasan secara tertulis agar dapat dimengerti oleh orang lain.
No comments:
Post a Comment