Pembelajaran menulis di SD dilaksanakan sejak kelas satu
sampai dengan kelas enam. Kegiatan menulis tidak dapat terlepas dari kegiatan
bahasa lainnya seperti kegiatan membaca, menyimak dan berbicara. Pada
pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memadukan keempat unsur kebahasaan
tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Rofi’udin dan
Zuchdi (1998: hlm, 80-81), mengungkapkan bahwa pembelajaran menulis di SD
dibagi menjadi dua kategori yaitu pramenulis dan menulis.
1) Pramenulis meliputi:
a) melemaskan lengan dan menulis di
udara,
b) memegang pensil dengan benar,
c) melemaskan jari dengan mewarnai,
menjiplak, dan melatih
dasar menulis,
d) melemaskan jari dengan cara
menuliskan huruf di pasir, di meja,
dan di udara.
2) Pembelajaran menulis permulaan
meliputi:
a) penulisan huruf,
b) penulisan kata,
c) penggunaan kalimat sederhana,
d) tanda baca (huruf kapital, titik,
koma, tanda tanya).
Byrne
(1988, hlm. 129-130) mengemukakan beberapa alasan mengapa anak-anak di usia
sekolah dasar perlu diajarkan menulis. Berikut adalah beberapa alasan penting
mengapa anak-anak perlu untuk diajarkan menulis, yaitu: (1) anak-anak biasanya
menyukai menulis, (2) banyak anak-anak yang berharap untuk diajarkan menulis,
(3) anak-anak memerlukan berhenti sementara dari kegiatan oral, (4) kegiatan menulis memberikan kesempatan kepada anak-anak
untuk bekerja sesuai dengan kecepatan yang mampu mereka jalankan sehingga
mereka mendapatkan kegiatan yang membuat mereka merasa nyaman, (5) kegiatan
menulis terkadang membantu anak yang kesulitan ketika menghadapi pembelajaran
berbicara, (6) kegiatan menulis memberi kesempatan kepada anak-anak untuk
mendapatkan kontak secara personal dengan gurunya sehingga anak dapat bebas
untuk melakukan kontak dengan gurunya, (7) penting bagi anak-anak untuk
memiliki catatan tentang apa yang telah mereka lakukan di kelas, (8) anak-anak
membutuhkan kontak bahasa yang lebih, dalam hal ini kegiatan menulis mampu
untuk menyediakannya, dan (9) penting bagi anak-anak untuk memperlihatkan apa
yang telah mereka lakukan di kelas melalui tulisan kepada orangtua mereka.
No comments:
Post a Comment