Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 13 September 2011

Saat Liburan Sekolah Tiba


Masa liburan adalah saat yan menyenangkan hampir untuk semua orang. Banyak pihak yang berbahagia jika liburan tiba. Anak-anak sekolah akan sangat bahagia sekali menyambut liburan. Saat liburan, mereka akan terbebas dari segala kewajibannya sebagai murid sekolah, terbebas dari PR, tugas sekolah, dan pelajaran sekolah dan mungkin juga wajah menyeramkan sang guru. Mereka bebas bermain di rumah, tidak harus bangun pagi-pagi untuk pergi ke sekolah. Begitu juga untuk para guru. Dengan adanya masa liburan, mereka terbebas dari tugas-tugas sekolah untuk sementara.  Bebas untuk bersantai di rumah, mengurus rumah dan anak-anak yang selama masa bertugas mungkin agak sedikit terbengkalai. Mereka juga jadi mempunyai waktu untuk berekreasi bersama keluarga atau sekedar berjalan-jalan ke mall atau pusar perbelanjaan.
Tetapi keindahan liburan sekolah tidaklah berpengaruh baaik bagi saya atau sebagian orang-orang. Bagi saya, liburan sekolah menimbulkan banyak persoalan. Banyak hal negative yang ditimbulkan oleh masa liburan sekolah. Bagi para pekerja kantoran liburan sekolah jelas tidak ada pengaruhnya bagi mereka untuk menikmati juga liburan sekolah. Mereka tidak akan merasa efek apapun, karena mereka tetap harus bekerja di masa liburan sekolah. Bagi para pengajar privat pelajaran sekolah, masa liburan memberikan dampak yang sangat merugikan. Para pelajar menjadikan masa liburan sekolah masa untuk bersantai dan berlibur. Tidak ada kata belajar di liburan sekolah. Sehingga secara otomatis para pengajar privat pelajaran (termasuk saya) terpaksa harus juga diliburkan. Dengan diliburkannya dari mengajar otomatis pemasukanpun tidak ada. Para guru privat ini harus mengencangkan ikat pinggang demi menghemat uang di bulan liburan ini.
Liburan sekolah juga mengakibatkan kemacetan luar biasa yang bertambah dibandingkan hari-hari biasanya. Saat liburan dimanfaatkan para pelajar untuk jalan-jalan di pusat keramaian, akibatnya jalanan pun bertambah ramai. Ditambah lagi para ibu yang mengajak anak-anaknya yang sedang liburan sekolah berbelanja di pusat perbelanjaan.
Banyak lembaga/institusi pendidikan yang mengadakan tur (study tour) di saat liburan sekolah, banyak dari mereka yang menyewa bis umum, seperti DAMRI, akibatnya terjadi kelangkaan angkutan umu masal. Para pengguna bisa (termasuk saya) merasa terganggu dengan berkurangnya armada bis yang mengangkut penumpang umum. Kami harus menunggu lama jauh lebih lama daripada biasanya bis yang akan mengaangkut kami.
Para orangtua pun harus merogoh saku lebih dalam pada masa liburan sekolah ini. Karena banyak para pelajar yang ternyata membutuhkan uang saku lebih banyak di masa liburan sekolah (sering jalan0jalan ke mall).
Sikapilah masa liburan ini dengan arif dan bijak. Sebaiknya masa liburan tidak hanya dihabiskan untuk bermain-main saja tanpa tuuan yang jelas. Sebaiknya masa liburan ini diisi dengan hal-hal yang lebuih bermanfaat yang bisa mengembangkan kemampuan dan keahlian. 

No comments:

Post a Comment