بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday, 16 January 2012

Kekuatan Dari Keikhlasan Hati


Sungguh kekuatan ikhlas bisa menghancurkan gunung, melelehkan kuatnya besi, memadamkan kobaran api, menggerakkan air dan menundukkan angin. Berikut adalah hadits yang menerangkan bagaimana sebuah keikhlasan bisa mengalahkan gunung, besi, api, air dan angin.
‘Tatkala Allah menciptakan bumi, maka ia pun bergetar. Lalu Allah menciptakan gunung, dan kekuatan diberikan kepadanya yang ternyata bumi diam. Maka para malaikat pun heran terhadap penciptaan gunung itu. Mereka bertanya: ‘Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada gunung?’ Allah menjawab: ‘Ada, yaitu besi.’ Mereka bertanya: ‘Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada besi?’ Allah menjawab: ‘Ada, yaitu api.’ Mereka bertanya: ‘Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada api?’ Allah menjawab: ‘Ada, yaitu air.’ Mereka bertanya: ‘Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada air?’ Allah menjawab: ‘Ada, yaitu angin.’ Mereka bertanya: ‘Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada angin?’ Allah menjawab: ‘Ada, yaitu anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sedangkan tangan kirinya tidak mengetahui.” (Diriwatkan At Tirmidzi dan Ahmad)
Subhanalloh, hadits tersebut menggambarkan bahwa kekuatan ikhlas bisa mengalahkan banyak materi yang ada di bumi ini. Ketika beramal benar-benar hanya dipersembahkan untuk Allah semata saja, maka kekuatannya pun tiada banding. Mengapa bisa demikian, mengapa keikhlasan bisa mengalahkan berbagai kekuatan yang ada. Hal ini dikarenakan ikhlas hanyalah untuk Allah semata. Apapun perbuatan baik yang dilakukan hanya mengharap ridho Allah.
Ikhlas bukanlah suatu amal yang mudah dilakukan tapi bukan pula sulit untuk dilakukan. Terkadang dalam beramal ada saja lintasan yang sematkan syetan ke dalam kalbu kita. misalnya ketika kita bersedekah pada seorang fakir miskin, kemungkinan lintasan negatif syetan sematkan ke dalam kalbu kita karena pada saat bersedekah kita ingin orang-orang menganggap bahwa kita adalah orang yang dermawan. Maka dari itu ketika lintasan negatif itu datang segeralah luruskan niat. Niatkan semua amal baik yang kita lakukan hanyalah untuk Allah semata. Mintalah perlindungan pada Allah dari segala lintasan hati yang buruk yang disematkan syetan ke dalam kalbu kita. Wallahu’alam… 

1 comment: