Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Thursday 4 October 2012

Hanya Mengharap Penilaian Alloh


Sepekan ini banyak hal yang membuat saya syok, kecewa, merasa dikhianati dan masih banyak lagi perasaan negatif yang hinggap di dada ini sampai rasanya pengap.
Diawali oleh pengkhianatan yang dilakukan oleh salah satu mitra kantor tempat saya bekerja sampai akhirnya berita yang saya terima tentang keburukan yang sebenarnya saya tidak lakukan.
Hari ini berita buruk itu saya dengar juga. Sebenarnya masalah yang ada tidaklah besar. Hanya berita ‘fitnah’ yang mereka dengar dari seorang siswa. Kabar yang mereka (teman-teman sesama guru di sekolah) dengar tentang saya adalah buruknya sikap saya dalam mengajar di kelas. Mereka mendapatkan kabar bahwa saya memperlakukan para siswa dengan tidak baik, saya pun ‘dituduh’ tidak benar dalam memberikan penilaian kepada siswa karena cara saya memberikan nilai kepada siswa tidak sama persis dengan cara mereka memberikan nilai.
Yang membuat saya sedih dan merasa kecewa terhadap mereka adalah karena mereka langsung menilai saya jelek tanpa menanyakan kebenarannya kepada saya terlebih dahulu. Dan juga pernyataan mereka yang menuduh saya telah mencemarkan nama baik sekolah. Bahwa jika saya tidak ditindak maka saya akan membuat nama baik sekolah jadi tercoreng. Hingga akhirnya kebenaran pun datang, kabar buruk tentang saya ternyata tidaklah benar.
Sebenarnya saya tidak mengetahui tentang ‘fitnah’ yang dilayangkan kepada diri saya sampai akhirnya kebenarannya terungkap pun saya tidak pernah tahu. Pembicaraan hal-hal buruk tentang saya pun tidak saya ketahui. Saya hanya berprasangka baik terhadap teman-teman guru saya tersebut bahwa mereka tidak pernah menggunjingkan saya. Tapi itulah dinamika pergaulan. Kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya ada dipikiran teman-teman di sekitar kita. Penilaian seperti apa yang diberikan mereka kepada kita. Apakah kita baik di mata mereka.  
Yang terbaik adalah ketika kita hanya mengharap penilain baik yang datangnya dari Alloh SWT semata. Karena ketika kita mendapatkan nilai yang baik dari Alloh maka kita akan mendapatkan penilaian yang baik dari seluruh jagat alam semesta, dunia dan seisinya. Wallahu’alam ...^_^…

1 comment:

  1. It also happened to me,,, :( bergaul ma ibu ibu itu sering bikin sakit hati. Pantes klo isi neraka kebanyakan wanita. Karena banyak wanita yang tidak bisa menjaga lisan nya.

    ReplyDelete