Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 14 October 2012

Mulutmu Memang Berbisa


Mulut manusia memang berbisa. Darinya bisa keluar kata-kata yang menyakitkan hati dan bisa memicu pertengkaran hebat. Dari mulut berbisa itu bisa keluar kata-kata yang menyakiti hati orang lain. Kata-katanya mampu menyanjung diri sendiri dan merendahkan orang lain.
Hari itu, saya cukup terkejut dengan kata-kata yang keluar dari salah seorang temen saya. Kata-kata yang keluar dari mulutnya mampu merendahkan orang lain. Dia merasa jika dirinya lebih baik dari orang lain sehingga mampu mengeluarkan kata-kata yang merendahkan orang lain.
Dengan suaranya yang lantang dia membeberkan kesalahan-kesalahan dari pihak lain. Mungkin maksud dia baik ingin mengingatkan orang yang dia pikir salah. Tapi cara dia mengatakannya seakan-akan orang yang disalahkannya itu buruk dan tidak ada baiknya di mata dia.
Saya jadi membayangkan ketika orang dengan mulut berbisa itu membicarakan tentang keburukan saya dengan emosi yang menggebu-gebu seperti yang saya lihat ketika dia membicarakan keburukan orang lain dengan menggebu-gebu di hadapan saya.
Benar pepatah yang menyebutkan lidah tak bertulang. Terkadang kita tidak dapat mengontrol apa yang keluar dari mulut kita. Apakah yang keluar dari mulut kita itu kebaikan atau keburukan. Bukankah di hari perhitungan nanti, lidah kita ditanya tentang apa saja yang dibicarakan dimasa hidup. Bagaimana kita mempertanggungjawabkan apa yang telah keluar dari mulut kita jika kebanyakan adalah keburukan. Naudzubillah, semoga kita terhindar dari kesia-siaan dan keburukan yang dilakukan lidah kita. Semoga apa yang keluar dari mulut kita adalah kebaikan semuanya. Apa yang keluar mententramkan hati dan mengajak orang lain kepada kebenaran dan kebaikan. Wallahu’alam …^_^…

No comments:

Post a Comment