Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 17 December 2012

Baca Buku Gratis


Rasanya menyenangkan ketika kita menemukan ‘spot’ yang bagus dan nyaman untuk membaca buku. Dan akan lebih mengasyikan lagi jika kita bisa membacanya dengan gratis. Jika kita pergi ke toko buku, tentu saja, jika kita ingin membacanya kita harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Harga-harga buku sekarang ini tidaklah semurah harga snack ataupun semangkuk bakso atau bubur ayam standar. Tentu saja kita harusmenyiapkan budget khusus jika kita memang ingin membeli buku.
Memang ada banyak cara jika kita ingin membaca buku dengan gratis. Salah satunya adalah membaca di perpustakaan, baik itu perpustakaan nasional, daerah, kampus, maupun sekolah. Hanya saja sangat disayangkan, umumnya perpustakaan-perpustakaan yang ada di negeri ini tidak cukup memuaskan bagi para penikmat buku. Buku yang ada di perpustakaan umumnya buku-buku lama yang sudah kurang up-date, tampilan yang sudah tidak menarik lagi alias ‘kumel’, ‘kucel’ dan ‘dekil’. Begitupun dengan para penjaga perpustakaannya yang berpenampilan layaknya seorang guru atau dosen yang tampak menyeramkan, dengan tampilan muka yang tak bersahabat, tak bersemangat dan menyeramkan. Ditambah lagi ‘image’ penjaga perpustakaan yang kerap ditampilkan disejumlah film atau sinetron di Indonesia yang menggambarkan penjaga perpustakaan dengan negatif.
Jika dibandingkan dengan toko buku yang tampak nyaman. Buku-buku yang tersedia pun adalah keluaran terbaru yang diterbitkan oleh berbagai macam penerbit baik lokal maunpun luar negeri. Juga berbagai macam buku berkualitas yang ditulis oleh para penulis berkualitas baik lokal maunpun luar negeri. Dari penulis yang sudah senior dan berpengalaman sampai para penulis baru yang menawarkan sesuatu yang fresh. Begitu juga pelayanan yang diberikan oleh para penjaganya. Dengan senyum ramah mereka membantu kita untuk mencari buku yang kita perlukan. Berbeda sekali dengan para penjaga perpustakaan yang hampir tidak pernah tersenyum ketika melayani.
Bagi orang-orang dengan kondisi keuangan yang terbatas tentu saja harus mempunyai banyak siasat untuk bisa membaca buku bagus dengan ‘gratisan’. Salah satu siasat yang bisa dipakai adalah meminjam buku pada teman. Tapi walaupun kita bisa membaca buku secara gratis dengan cara meminjam pada teman, tentu saja ada kekurangan dari cara ini, yaitu terbatasnya waktu kita untuk membaca. Karena kita meminjam pada orang tentu saja kita harus tahu etika meminjam. Kita tidak bisa meminjam buku teman kita itu dengan waktu yang lama. Yang artinya kita tidak bisa santai dalam membaca buku, kita harus cepat-cepat membacanya. Juga kita harus menjaga buku teman kita itu dengan baik. Kita tidak boleh melipat buku-untuk menandai halaman yang sedang kita baca dengan seenaknya. Kita tidak boleh membuat buku yang kita pinjam rusak juga basah. Aturannya kita harus mengembalikan buku yang kita pinjam dengan kondisi yang sama ketika kita meminjam.
Siasat yang kedua adalah kita membacanya di toko buku. Kita cari buku-buku yang tidak terbungkus platik pembungkus. Kebanyakan toko buku menyediakan contoh buku yang tidak terbungkus lagi plastic agar pembeli bisa melihat-lihat isi buku. Tentu saja cari inipun banyak kekurangannya. Tidak semua buku yang berkualitas atau yang ingin kita baca terdapat buku yang sudah tidak terbungkus plastik, artinya terbatas sekali buku-buku yang tersedia untuk kita baca. Juga tidak tersedianya tempat khusus untuk membaca. Jadi jika kita ingin membaca buku ‘gratis’ di toko buku, kita harus mempunyai ketahanan kaki yang kuat karena kita harus kuat lama berdiri untuk membaca buku. Atau kita pun bisa menahan rasa malu kita untuk duduk di lantai toko agar bisa membaca.
Impian saya tentu saja bisa membaca buku dengan gratis di toko buku dengan nyaman dan sepuasnya. Saya berharap suatu hari nanti para pengelola toko buku menyediakan tempat yang nyaman bagi para pelanggannya untuk bisa membaca buku. Tentu saja para penikmat buku akan membeli buku yang menarik minatnya. Jadi para pengelola toko buku tidak akan rugi secara finansial. Hanya saja para penikmat buku pun ingin bisa membaca secara nyaman sebelum membeli.
Siasat selanjutnya agar bisa membaca buku secara gratis adalah dengan cara mengunduh di internet. Sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan e-book dengan gratis. Tapi tentu saja dengan jumlah buku yang terbatas. Juga membaca e-book tidaklah senyaman membaca buku. Membaca e-book membuat mata lebih lelah karena harus membacanya lewat layar computer, laptop ataupun media elektronik lainnya.
Banyak cara untuk kita bisa membaca buku baik gratis maupun membeli. Dan yang paling terpenting kita harus selalu memupuk kecintaan kita terhadap membaca. Bung Hatta pernah berkata bahwa dia rela dipenjara asalkan bersama buku-buku, karena dengan membaca membuat dia bebas. Buku ada jendela dunia. Dengan membaca buku kita bisa melihat cakrawala dunia. Mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Dan Tuhan pun telah memerintahkan kita untuk membaca. Bukankah ayat pertama yang Tuhan wahyukan kepada Rasululloh berisi perintah untuk membaca. Wallahu’alam …^_^…
17 Desember 2012

No comments:

Post a Comment