Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 28 January 2013

Cari Aman


Terkadang kita memang tidak mau ambil resiko. Hidup ‘tidak aman’ ternyata melelahkan. Ya, tabiat manusiawi jika memang mencari ketenangan, kenyamanan, dan rasa aman dalam hidupnya. Walhasil, saat ini banyak orang yang membidik PNS sebagai pekerjaannya atau pegawai sebuah perusahaan. Dengan menjadi seorang PNS atau pegawai perusahaan, maka akan mendapatkan gaji bulanan yang tetap. Tidak perlu lagi khawatir pendapatan bulan ini lebih kecil dari pendapatan bulan-bulan sebelumnya.
Saat ini banyak orang yang takut menjadi pengusaha atau bekerja untuk dirinya sendiri. Banyak yang takut ‘hidupnya’ tidak aman. Takut jika penghasilannya tidak cukup besar atau lebih besar atau tidak mendapatkan uang sama sekali tiap bulannya. Banyak yang mencari zona nyaman, mendapatkan penghasilan yang tetap tiap bulannya. Tidak khawatir jika tidak menerima gaji atau pendapatannya lebih sedikit daripada bulan-bulan berikutnya.
Padahal ketika kita menghadapi tantangan, ketika kita tidak berada dalam zona nyaman kita, ketika ‘hidup’ kita tidak aman maka kita akan mengerahkan segala kemampuan dan potensi yang kita miliki untuk menghadapi segala ketidakamanan dan ketidaknyamanan tersebut. Dengan tidak menetapnya besaran pendapatan kita tiap bulannya maka kita akan terpacu untuk berpikir dan berusaha lebih keras agar kita bisa mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi atau setidaknya sama dengan bulan sebelumnya. Kitapun akan terpacu untuk berpikir dan bertindak lebih kreatif lagi. Ketidaknyamanan dan ketidakamanan akan memacu dan memaksimalkan segala potensi yang adalam dalam diri kita. dan yang terpenting adalah rasa kebergantungan kita kepada sang Khalik. Dengan tidak amannya ‘hidup’ keuangan kita tiap bulannya maka akan lebih memasrahkan hidup kita kepada Tuhan yang Maha Kaya. Kita akan selalu meminta agar Tuhan senantiasa memberikan rezeki yang cukup kepada kita tiap bulannya.
Berbeda ketika kita memang senantiasa mendapatkan ‘gaji’ yang sama dan cukup tiap bulannya. Tidak ada atau kurang rasa ketergantungan kita kepada Sang Pencipta karena sudah yakin akan mendapatkan pendapatan dengan kisaran yang sudah diketahui besarnya. So, banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan ketika kita tidak menjadi seorang PNS ataupun pegawai sebuah perusahaan. Selain memaksimalkan segala potensi diri juga tingkat ketakwaan kita yang tinggi terhadap Tuhan semesta alam. Wallahu’alam …^_^…

No comments:

Post a Comment