Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Friday 19 September 2014

Alasan Mengapa Harus Menulis



Bagi kebanyakan orang, pekerjaan menulis mungkin merupakan kegiatan yang sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi kebanyakan orang Indonesia tidak terlalu suka untuk menulis dan lebih senang berbicara (bergossip pada khususnya, hehehe). Padahal menulis adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Manfaat dari menulis telah saya rasakan akhir-akhir ini. Dulu, saya tidak terlalu suka menulis, saya lebih menyukai melayangkan ide dan pemikiran saya dalam bentuk abstrak yang terjadi hanya dalam lamunan saya saja. Jika saya senang ataupun marah, maka saya akan melampiaskan kesenangan dan kesedihan saya itu dalam ‘dunia’ yang saya ciptakan sendiri saja. Biasanya saya akan menjadikan orang yang saya tidak suka karakter yang jahat dalam cerita saya pun begitu sebaliknya. Tetapi sekarang saya seolah menemukan media baru untuk menumpahkan segala apapun yang ada dalam pikiran saya, yaitu melalui tulisan. Melalui tulisan, saya bisa menumpahkan kekesalan dan kemarahan saya pun melalui tulisan saya bisa membagi kebahagian, ilmu dan pengetahuan, pengalaman dan banyak lagi.
Menurut Caryn Mirriam Goldberg, P.hd dalam bukunya yang berjudul Write Where You Are: How to Use Writing to Make Sense of Your Life (Daripada Bete, Nulis Aja), mengungkapkan bahwa ada 12 alasan mengapa harus menulis, yaitu:
1. Menulis membantumu menemukan siapa dirimu.
2. Menulis dapat membantumu meraih rasa percaya diri dan meningkatkan kebanggaan.
3. Saat menulis, kamu mendengar pendapatmu sendiri.
4. Menulis menunjukkan apa yang dapat kamu berikan pada dunia.
5. Dengan menulis, kamu mencari jawaban terhadap pertanyaan dan menemukan pertanyaan baru untuk ditanyakan.
6. Menulis meningkatkan kreativitas.
7. Menulis berarti berbagi dengan orang lain.
8. Menulis memberimu tempat untuk melampiaskan amarah/ketakutan, kesedihan dan perasaan menyakitkan lainnya.
9. Menulis membantumu untuk menyembuhkan diri.
10. Menulis memberimu kesenangan dan cara mengungkapkannya.
11. Menulis membuatmu lebih hidup.
12. Kamu dapat menemukan impianmu melalui menulis.

So, tunggu apa lagi… Jangan biarkan kemalasan dan keengganan menghalangi kita untuk menulis. Jangan pula komentar negatif dari orang lain tentang tulisan kita membunuh semangat kita untuk terus belajar menulis dan menulis. Dan jangan sampai bisikan dari dalam diri kita yang menganggap diri tidak bisa menulis mempengaruhi kita untuk tidak menulis.
Semoga apa yang disampaikan oleh tulisan ini bermanfaat dan menambah motivasi untuk terus belajar menulis dan menulis.  

Dalam rangka memotivasi diri sendiri untuk terus belajar menulis dan menulis

No comments:

Post a Comment