بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday, 20 October 2014

5 Hal Yang Harus Ditafakuri

Alhamdulillah, hari ini mendapatkan kesempatan mendengarkan tausiyah dari Ustdaz Jalaludin Asyatibi. Beliau memaparkan bahwa ada 5  hal yang musti ditafakuri.
1. Ayat-ayat Allah. Jenis ayat-ayat Alla jodohh ada dua macam, yaitu ayat kauliyah (Ayat-ayat yang tertulis dalam Al-Qur'an) dan ayat kauniyah (ayat-ayat yang terpapar di alam dunia ini berupa fakta-fakta yang memperlihatkan kekuasaan Allah).
2. Janji Allah. Janji-janji Allah tentang rezeki, janji Allah tentang jodoh, dan janji-janji Allah yang lainnya.
3. Ancaman Allah. Bagaimana ancaman Allah terhadap hamba-Nya yang tidak mau menyembah kepada-Nya.
4. Nikmat Allah. Bagaimana Allah memberikan nikmat yang tidak akan pernah manusia sanggup untuk menghitungnya. 
5. Keburukan diri sendiri. Sebaiknya manusia itu melupakan keburukan dari orang lain dan melupakan kebaikan dari dirinya sendiri.

Dalam tausiyah kali ini, hal yang paling mengena adalah tentang nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kita. Terkadang kita lupa bahwa kita telah menikmati apa yang telah Allah berikan kepada kita seperti nikmat Islam, ini nikmat yang terbesar, nikmat sehat, nikmat tertawa, nikmat berbagi, dan nikmat-nikmat lainnya lagi yang tak pernah kita sanggup untuk menghitung dan membicarakannya. Terkadang yang kita ingat-ingat adalah musibah atau cobaan yang Allah berikan kepada kita, bahwa kita menderita sekali atas ujian yang kita jalani. Seringkali memikirkan penderitaan yang kita alami tanpa bersyukur nikmat yang telah kita dapatkan. Jangan-jangan kita kufur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

so, yuk kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang kita dapatkan setiap detiknya. Bisa jadi musibah, cobaan, penderitaan yang kita dapatkan ternyata bentuk kasih sayang Allah kepada kita. Allah ingin menjadikan kita lebih kuat sehingga diberilah kita ujian agar kita mampu untuk bertahan dalam kehidupan ini. Wallahu'alam...

No comments:

Post a Comment