Kelas 5
Tema :
Wujud Benda dan Cirinya
Sub Tema :
Perubahan Wujud
Kompetensi Dasar
1.
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam
secara mandiri maupun berkelompok.
3. Memahami berbagai perubahan wujud benda melalui
pengamatan dan mendeskripsikan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyajikan hasil laporan
pengamatan perubahan wujud benda.
Indikator
1. Mengidentifikasi
perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
2. Menyajikan hasil laporan
pengamatan perubahan wujud benda
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untukmengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan absensi siswa.
3. Menginformasikan tema “Wujud Benda” dan Subtema “Perubahan
Wujud Benda danCirinya”.
4. Sebagai kegiatan pembuka, ajak siswa keluar ruangan dan perlihatkan es batu yang dibiarkan di bawah terik panas matahari. Ajukan pertanyaan:
Apa yang terjadi
pada es?
Bagaimana sifat-sifat benda cair
Bagaimana
sifat-sifat benda padat?
Beri kesempatan beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan.
Kegiatan Inti
1.
Siswa kembali ke kelas. Komunikasikan bahwa mereka akan
melakukan percobaan untuk mengetahui dan membuktikan sifat-sifat dari benda cair dan padat dan
perubahan wujud yang terjadi ketika melakukan eksperimen. (Tahap 2)
2.
Bagi siswa menjadi enam kelompok
untuk melakukan percobaan tentang perubahan
wujud benda. Siswa diingatkan untuk mengikuti instruksi yang
tercantum pada buku. (Tahap 3)
3.
Guru menyiapkan alat dan bahan.
4. Setiap kelompok siswa akan melakukan semua percobaan,
guru berkeliling saat siswa melakukan pecobaan dan mengarahkan siswa untuk melakukan
percobaan sesuai instruksi. Es
batu dibiarkan sampai mencair dan air disimpan di dalam wadah yang diluarnya
diberi es dan garam. (Tahap 3)
5.
Siswa mencatat hasil percobaan dalam bentuk tabel. (Tahap
4)
6.
Ingatkan siswa untuk tertib dan mengikuti instruksi yang
ada pada buku.
7. Siswa melakukan analisis data hasil percobaan melalui
diskusi bersama teman dalam kelompok dan membuat kesimpulan hasil percobaan.
“Dari hasil percobaan menunjukkan bahwa es
batu (benda padat) dapat berubah wujud menjadi air (benda cair) dan air (benda
cair) dapat berubah wujud menjadi es batu (benda padat) (Tahap 5)
Kegiatan Penutup
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /rangkuman hasil
belajar selama sehari.
2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi).
3.
Melakukan penilaian hasil belajar.
4. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan
kepercayaannya masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
5. Siswa
dapat melakukan kembali percobaan di rumah dengan diawasi orangtua tentang
perubahan wujud dai padat menjadi cair dan cair menjadi padat dengan
menggunakan benda lain
No comments:
Post a Comment