Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday, 6 October 2014

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Kelas 5
Tema             : Wujud Benda dan Cirinya
Sub Tema     : Perubahan Wujud

Kompetensi Dasar
1. Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.
3. Memahami  berbagai perubahan wujud benda melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda.


Indikator
1. Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
2. Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda


Kegiatan Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untukmengawali kegiatan pembelajaran)
2.    Melakukan absensi siswa.
3. Menginformasikan tema “Wujud Benda” dan Subtema “Perubahan Wujud Benda danCirinya”.
4. Sebagai kegiatan pembuka, ajak siswa keluar ruangan dan perlihatkan es batu yang dibiarkan di bawah terik panas matahari. Ajukan pertanyaan:
Apa yang terjadi pada es?
Bagaimana sifat-sifat benda cair
Bagaimana sifat-sifat benda padat?
Beri kesempatan beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan.

Kegiatan Inti
1.    Siswa kembali ke kelas. Komunikasikan bahwa mereka akan melakukan percobaan untuk mengetahui dan membuktikan sifat-sifat dari benda cair dan padat dan perubahan wujud yang terjadi ketika melakukan eksperimen. (Tahap 2)
2.    Bagi siswa menjadi enam kelompok untuk melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda. Siswa diingatkan untuk mengikuti instruksi yang tercantum pada buku. (Tahap 3)
3.    Guru menyiapkan alat dan bahan.
4.  Setiap kelompok siswa akan melakukan semua percobaan, guru berkeliling saat siswa melakukan pecobaan dan mengarahkan siswa untuk melakukan percobaan sesuai instruksi. Es batu dibiarkan sampai mencair dan air disimpan di dalam wadah yang diluarnya diberi es dan garam. (Tahap 3)
5.    Siswa mencatat hasil percobaan dalam bentuk tabel. (Tahap 4)
6.    Ingatkan siswa untuk tertib dan mengikuti instruksi yang ada pada buku.
7.  Siswa melakukan analisis data hasil percobaan melalui diskusi bersama teman dalam kelompok dan membuat kesimpulan hasil percobaan. “Dari hasil percobaan menunjukkan bahwa es batu (benda padat) dapat berubah wujud menjadi air (benda cair) dan air (benda cair) dapat berubah wujud menjadi es batu (benda padat) (Tahap 5)



Kegiatan Penutup
1.    Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi).
3.    Melakukan penilaian hasil belajar.
4.  Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
5.    Siswa dapat melakukan kembali percobaan di rumah dengan diawasi orangtua tentang perubahan wujud dai padat menjadi cair dan cair menjadi padat dengan menggunakan benda lain

No comments:

Post a Comment