Berdasarkan
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) no. 160 pasal 1 yang
menyatakan bahwa,
Satuan
pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang melaksanakan Kurikulum 2013 sejak
semester pertama tahun pelajaran 2014/2015 kembali melaksanakan Kurikulum Tahun
2006 mulai semester kedua tahun pelajaran 2014/2015 sampai ada ketetapan dari
Kementerian untuk melaksanakan Kurikulum 2013.
Berdasarkan Permendikbud tersebut, maka
keberlangsungan kurikulum 2013 menjadi tidak jelas kapan akan diberlakukan
kembali. Menurut menteri pendidikan, isi dari kurikulum 2013 perlu dikaji ulang
dan dievaluasi dengan waktu pengkajian ulang yang belum ditentukan.
Dampaknya bagi
perkembangan siswa tentu saja berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya
mungkin siswa di masa depan akan diberikan kurikulum yang terbaik yang telah
dievaluasi sehingga ketika diberlakukan sudah tidak ada lagi kekurangan baik
dalam isi buku maupun masalah penilaian. Dampak positif yang lainnya mungkin
kesiapan guru yang akan lebih disiapkan lagi untuk kelak melakasanakan
kurikulum 2013 dengan terus melaksanakan pelatihan-pelatihan agar supaya sikap,
kemampuan, dan mental guru benar-benar siap sehingga bisa dengan optimal
membantu siswa dalam mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Sedangkan
dampak negatif nya adalah siswa akan dibuat bingung oleh sistem kurikulum yang
berubah-rubah dalam waktu yang sangat singkat. Baru saja siswa beradaptasi
dengan metode dan pendekatan belajar yang disusun oleh kurikulum 2013 harus
terpaksa kembali lagi ke metode dan pendekatan belajar yang disusun kurikulum
2006. Sebenarnya isi pembelajaran yang disusun oleh kurikulum 2013 sudah
berimbang dalam mengakomodir berbagai aspek perkembangan siswa seperti
kognitif, afektif dan psikomotornya. Siswa juga dilatih berpikir dan berjiwa
peneliti dengan pendekatan saintifiknya. Hanya saja, di lapangan para praktisi,
yaitu guru sangat keberatan dengan sistem penilaian yang dianggap memberi beban
yang terlalu banyak pada guru dalam aspek penilaian.
No comments:
Post a Comment