Menurut Piaget (1954), ada empat tahap perkembangan kognitif, yaitu tahap sensorimotor, tahap praoperasi, tahap operasi konkret, dan tahap operasi formal (Santrock, 2011, hal 28).
· Tahap Sensorimotor. Tahap ini berlangsung
mulai dari lahir hingga usia sekitar 2 tahun. Dalam tahap ini, bayi membangun
pemahaman mengenai dunianya dengan mengordinasikan pengalaman-pengalaman
sensoris (melihat dan mendengar) dengan tindakan-tindakan fisik dan motorik.
· Tahap Praoperasi. Tahap ini berlangsung
kurang lebih dari usia 2 – 7 tahun. Dalam tahap ini, anak-anak mulai melukiskan
dunia dengan kata-kata dan gambar-gambar, melampaui hubungan sederhana antara
informasi sensoris dan tindakan fisik. Menurut Piaget, anak-anak prasekolah ini
belum mampu melakukan tindakan operasi, yaitu tindakan mental yang
diinternalisasikan yang memungkinkan anak-anak melakukan secara mental apa yang
sebelumnya dilakukan secara fisik.
·
Tahap Operasi Konkret. Tahap ini
berlangsung kurang lebih dari usia 7 – 11 tahun. Dalam tahap ini, anak-anak
dapat melakukan operasi yang melibatkan objek-objek dan juga dapat bernalar
secara logis, sejauh hal itu diterapkan dengan contoh-contoh yang spesifik atau
konkret. Pemikir operasi konkret tidak dapat membayangkan langkah-langkah yang
diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan aljabar, karena terlalu
abstrak untuk dipikirkan pada tahap perkembangan ini.
·
Tahap Operasi Formal. Tahap ini
berlangsung antara usia 11 – 15 tahun dan terus berlangsung hingga masa dewasa.
Ini adalah tahapan terakhir menurut Piaget. Dalam tahap ini, individu melampaui
pengalaman-pengalaman konkret dan mampu berpikir secara abstrak dan lebih
logis. Dalam aspek memecahkan masalah, anak-anak pada tahap ini dapat bekerja
secara lebih sistematis dengan mengembangkan hipotesis mengenai mengapa sesuatu
terjadi seperti itu kemudian menguji hipotesis tersebut.
No comments:
Post a Comment