Anak liar adalah mereka yang tumbuh di alam liar. Lane
(1976) menyajikan penjelasan rinci dan analisis tentang
seorang anak bernama Victor, yang
ditemukan di hutan Perancis di 1797. Petani
melihat anak itu berjalan
telanjang di hutan, mencari kentang
dan kacang-kacangan, dan ia kemudian ditangkap oleh
beberapa pemburu dan dibawa ke peradaban. Mereka
memanggilnya Wild Boy of Aveyron, sesuai
nama provinsi di mana ia ditemukan.
The Wild Boy menarik perhatian dari Jean-Marc-Gaspard Itard,
seorang dokter muda. Pada saat penangkapannya, Victor dianggap berusia
sekitar 12 atau 13 tahun. Dia tidak bisa berbicara, meskipun pendengarannya normal dan dia mengeluarkan beberapa suara. Dokter lain berpikir bahwa
Victor tuli dan
terbelakang, tapi Itard optimis bahwa ia
bisa dilatih untuk disosialisasikan
dan menggunakan bahasa. Itard bekerja secara
intensif dengan Victor selama 5
tahun, dengan menggunakan teknik pelatihan bahasa dan modifikasi perilaku yang sama dengan yang digunakan oleh para peneliti
modern (Skinner, 1957). Sebagai contoh, ia mengajarkan Victor objek nama seperti susu dengan menghadirkan obyek dan kemudian kata
Perancis untuk itu. Victor
akan menamai benda yang disajikan tapi tidak akan meminta mereka
dengan menggunakan nama mereka.
Victor memiliki masalah lain dengan bahasa. Salah satunya adalah bahwa ia mengembangkan sistem komunikasi
gestural yang mengganggu pelatihan bahasa
tersebut. Lane
(1976) menyarankan bahwa tanda-tanda mungkin
telah digantikan kebutuhannya
untuk memperoleh bahasa lisan. Masalah lain adalah pemahaman Victor terhadap kata-kata. Victor mengaitkan nama tertentu dengan objek tertentu, bukan dengan kelas objek.
Misalnya, ketika mengajar kata untuk buku, dia akan menerapkannya hanya ke satu buku
tersebut. Hanya
dengan usaha yang cukup apakah Itard bisa mengajarkan Victor untuk menggeneralisasi
nama untuk kelas objek.
Secara umum, kemajuan bahasa Victor adalah lemah. Ada beberapa penjelasan untuk fakta ini. Beberapa
pengamat percaya bahwa teknik
Itard ini tidak
efektif dan Victor mungkin telah memperoleh bahasa yang lebih jika diberikan instruksi yang lebih baik. Yang lainnya mempercayai hipotesis bahwa Victor adalah masa masa kritis untuk pemerolahen bahasa. Pandangan ini menyatakan bahwa
paparan bahasa harus
terjadi dalam jangka waktu
tertentu (misalnya, dengan pubertas)
agar bahasa yang
akan diperoleh normal. Meskipun
tidak ada yang pasti, Victor
diyakini berusia sekitar
16 tahun ketika pelatihan Itard mulai. Akhirnya,
beberapa ilmuwan percaya bahwa Victor mungkin memiliki mental terbelakang atau autis dari awal dan bahwa ia mungkin
ditinggalkan di hutan karena alasan itu. Lane (1976) membantah poin terakhir, dia cenderung setuju dengan analisis Itard yang menyatakan
bahwa Victor adalah normal ketika
lahir dan bahwa gejala
ia tampilkan adalah konsekuensi
dari isolasi di alam liar.
Sumber: Buku Pyschology of Language
Penulis: David W. Carol
Sumber: Buku Pyschology of Language
Penulis: David W. Carol
No comments:
Post a Comment