Anak terisolasi adalah mereka yang tumbuh dengan kontak manusia yang
sangat terbatas. Kasus
terbaik yang berhasil didokumentasikan adalah seorang anak yang mengalami isolasi sosial dan fisik
yang ekstrim dari usia
20 bulan sampai sekitar usia 13,5 tahun (Curtiss, 1977, 1981;
Curtiss, Fromkin, Krashen, Rigler, &
Rigler, 1974; lihat
juga Rymer, 1993). Anak disebut dalam
literatur ilmiah sebagai Genie.
Beberapa pemahaman latar belakang keluarga
Genie adalah membantu.
Terlepas dari kenyataan bahwa ayahnya
bersikeras untuk tidak memiliki anak, ibu Genie hamil 5 bulan. Akhir kehamilan,
calon ayah yang kejam memukuli dan mencoba membunuh
istrinya. Kemudian, setelah anak lahir, sang
ayah menempatkan dia di garasi untuk
menghindari tangisan dari anaknya. Anak tersebut
meninggal pada usia 2,5 bulan karena
pneumonia dan overexposure.
Anak kedua, anak laki-laki, lahir
pada tahun berikutnya dan meninggal
dalam waktu 2 hari. Anak lain lahir 3 tahun kemudian. Perkembangan anak lambat, dan akhirnya nenek
dari pihak ayah membawanya ke rumahnya.
Tiga tahun kemudian Genie lahir. Dia lahir dengan berat badan rata-rata tetapi menderita dislokasi pinggul
bawaan yang diperlukan betba. Pemeriksaan pediatrik untuk beberapa bulan ke depan
menunjukkan perkembangan dasarnya normal, tetapi pada usia 11 bulan- 6 bulan setelah terakhir pemeriksaan-beratnya hanya 17
pound. Tak lama setelah itu, ia memiliki penyakit akut yang mengharuskan dia untuk dibawa ke
dokter anak lain, yang menunjukkan bahwa ia menunjukkan tanda-tanda
keterbelakangan.
Pernyataan ini memiliki konsekuensi tragis, hal ini digunakan oleh ayah Genie sebagai pembenaran untuk mengabaikan dan mengisolasi di ruang bawah tanah dengan alasan bahwa ia
percaya anak itu sangat terbelakang.
Curtiss (1977)
melaporkan kondisi di mana Genie hidup:
Genie ditempatkan di kamar tidur kecil, yang dimanfaatkan juga
untuk toilet duduk
bayi. Ayah Genie
menjahit baju zirah, dirinya; tak berpakaian kecuali baju zirah, Genie
ditinggalkan dan duduk di kursi itu.
Tidak bisa bergerak apa-apa kecuali
jari-jarinya dan tangan,
kaki dan jari
kaki, Genie yang tersisa untuk duduk, terikat-up,
jam demi jam, sering malam, hari demi hari, bulan
demi bulan, tahun demi tahun. Pada
malam hari, ketika Genie tidak terlupakan, ia dikeluarkan
dari tempatnya hanya untuk ditempatkan di
tempat
lainberupa kantong
tidur penahanan yang dibuat ayahnya untuk menahan lengan Genie (diduga untuk mencegah dia
dari bergerak). Dikurung semalaman, dimanfaatkan seharian, Genie harus bertahan setiap jam dan tahun dari
hidupnya. (p. 5)
Genie memiliki sangat sedikit paparan bahasa selama
penahanannya. Ayahnya tampaknya tidak berbicara dengannya, dan ia mencegah anggota
keluarga lain dari memasuki
ruangan. Tidak ada TV atau radio. Ruangan itu di belakang rumah, sehingga
Genie mungkin mendengar
sedikit pembicaraan atau suara
dari jalan. Ayahnya menanggapi
beberapa suaranya dengan memukulinya. Akhirnya dia belajar
untuk menekan semua vokalisasi.
Genie akhirnya diselamatkan, ketika
ia berusia 13,5 tahun, secara tidak sengaja. Setelah baku
hantam dengan suaminya, ibu Genie mengambil Genie dan melarikan diri ke rumah ibunya sendiri. Tak
lama kemudian, ibu Genie,
yang hampir buta, pergi ke sebuah bangunan bantuan keluarga untuk
memeriksa ke dalam layanan untuk
orang buta. Dia membawa Genie
dengan dia, dan seorang
pekerja melihat anak tersebut
lemah dan memberitahu atasannya.
Setelah bertanya pada ibunya, mereka menelepon
polisi, yang mengambil Genie
ke penampungan. Setelah tuduhan
yang diajukan melawan keluarganya, ayah Genie bunuh diri.
Pada titik ini, Genie sangat
kurang gizi dan hampir tidak memiliki keterampilan sosial. Dia tidak memiliki keterampilan bahasa sama
sekali. Setelah ditempatkan di
program remediasi bahasa, Genie mulai
menunjukkan beberapa kemajuan
dalam bahasa, tapi perkembangannya tidak merata. Secara fonologis, dia menunjukkan tanda-tanda
menggunakan intonasi tepat tetapi juga banyak substitusi suara lisan. Pengembangan semantik
nya cepat dan luas.
Dia mulai memperoleh
kosakata dalam waktu 2 bulan dari masuk rumah sakit, dan kata-kata pertamanya termasuk lebih banyak jenis konsep dari yang
biasanya ditemukan pada awal
perkembangan bahasa (misalnya, kata-kata untuk warna
dan nomor). Begitu
dia mulai meletakkan kata-kata bersama-sama, ia menggunakan hubungan semantik mirip dengan yang ditemukan pada anak-anak normal. Namun,
pengembangan sintaksis nya lambat. Dia ditampilkan
beberapa morfem gramatikal
dan tidak ada perangkat sintaksis yang kompleks (misalnya, klausa relatif).
Meskipun ada banyak laporan lain dari anak-anak liar atau terisolasi
(lihat Candland, 1993;
Reich, 1986; Schaller,
1991), kasus Genie
dan Victor dianggap mewakili. Hal ini jelas
dari dua contoh ini bahwa prognosis keseluruhan
untuk memperoleh bahasa setelah isolasi lama
dari manusia lainnya
cukup suram. Mengingat
keadaan ekstrim dari tahun-tahun awal mereka, mungkin luar biasa bahwa mereka mampu melakukan apa yang
seharusnya bisa mereka lakukan.
Source: Pyschology of Language (David W. Carol)
Source: Pyschology of Language (David W. Carol)
No comments:
Post a Comment