Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 15 September 2015

50 Karakter (Bagian 3)

21. Jujur
Menjadi berarti jujur jujur. Kami melihat contoh kejujuran dan kebalikannya, ketidakjujuran, sepanjang waktu. Bahkan, kebanyakan orang berbohong tentang hal-hal yang tidak penting. Beberapa orang membuat kebiasaan berbohong tentang hal-hal penting. Orang-orang ini dianggap tidak jujur.
Kejujuran adalah sifat karakter yang kompleks. Sebagian besar dari kita tidak jujur berbagi segala sesuatu yang kita pikirkan dan rasakan dengan semua orang yang kita bertemu, atau harus kita. Kejujuran tanpa kebijaksanaan dan peduli dapat menyebabkan Anda menyakiti perasaan orang. Kejujuran mungkin memaksa Anda untuk berbagi pikiran bahwa Anda memiliki hak untuk menjaga privasi.

Manfaat dari karakter ini:
Orang-orang yang tidak jujur dalam ekstrem mungkin berakhir dalam masalah serius. Mereka bahkan mungkin pergi ke penjara untuk kejahatan seperti penggelapan (mencuri uang) atau mencuri.
Orang-orang jujur mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari orang lain. Mereka mendapatkan dan menjaga teman-teman yang lebih baik daripada mereka yang tidak bisa dipercaya.
Pengusaha peringkat kejujuran sebagai salah satu ciri penting themost di karyawan. Orang yang berbohong atau mencuri di tempat kerja bisa dipecat. Hal ini membuat sulit untuk mencari pekerjaan lain.

22. Rendah Hati
Orang yang rendah hati tidak terfokus pada prestasi mereka. Mereka bisa senang dengan keberhasilan mereka, tetapi keberhasilan mereka tidak menarik bagi mereka yang paling. Mereka pandai berbagi pujian dengan orang lain. Mereka mengakui bahwa setiap orang dalam kelompok berkontribusi untuk usaha.
Orang yang rendah hati tidak terlalu bangga atau sombong. Mereka tidak ingin menarik perhatian untuk diri mereka sendiri. Kadang-kadang orang tampaknya rendah hati karena mereka malu. Kadang-kadang orang yang rendah hati sangat percaya diri. Mereka tidak membutuhkan orang lain untuk memuji mereka untuk merasa baik tentang diri mereka sendiri.

23. Innovatif
Orang inovatif memiliki bakat untuk datang dengan hal-hal baru. Mereka mungkin menciptakan cara baru dalam melakukan sesuatu atau mengembangkan pendekatan baru untuk memecahkan masalah lama. Mereka tidak terikat dengan cara hal-hal yang telah dilakukan sebelumnya. Sebaliknya, mereka melanggar cetakan dan memulai yang baru

24. Ingin Tahu
Orang yang ingin tahu seperti penasaran. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang hal-hal. Mereka tidak takut untuk bertanya. Mereka biasanya tidak khawatir tentang mengakui apa yang mereka tidak tahu. Mereka suka untuk mengeksplorasi, belajar, dan dis hal penutup.
Menjadi orang yang ingin tahu bahwa Anda ingin belajar atau secara alami ingin tahu tentang apa yang membuat hal-hal atau orang-orang centang. Alih-alih menerima ide-ide lain, orang ingin tahu mengumpulkan fakta dari beberapa sumber dan kemudian membentuk pendapat mereka sendiri.

25. Ceria
Untuk menjadi berarti gembira bahwa Anda mampu menjadi senang dengan orang-orang dan situasi. Orang ceria dibuat senang oleh hal-hal yang indah atau ketika hal-hal baik terjadi pada orang lain. Apa yang membuat seseorang gembira dapat bervariasi, tapi orang-orang yang menyenangkan meluangkan waktu untuk melihat hal-hal baik dalam hidup dan merayakan mereka.
Semua orang memiliki masa-masa sulit dalam hidupnya. Beberapa orang kaya dan orang lain yang miskin. Beberapa memiliki tantangan fisik. Kadang-kadang seseorang yang miskin atau memiliki tantangan masih membutuhkan sukacita di dunia dan orang lain. Untuk tingkat tertentu, sukacita adalah sifat kepribadian. Beberapa orang secara alami lebih bahagia. Tapi ada yang memiliki kapasitas untuk sukacita. Dengan bekerja-ing pada sikap Anda dan mengambil waktu untuk menghargai hal-hal yang menyenangkan Anda, Anda dapat menjadi lebih menyenangkan.

26. Pemimpin
Para pemimpin bukanlah orang tahu segalanya. Mereka mungkin harus memperhitungkan orang lain untuk menyediakan keahlian teknis atau politis atau bisnis. Tetapi para pemimpin dapat menangkap sebagian besar pandangan dan menginspirasi orang lain untuk meraihnya. Para pemimpin juga mampu membuat keputusan sulit tanpa keraguan.
Kepemimpinan merupakan satu sifat yang sangat kompleks. Beberapa orang pernah menjadi pemimpin yang hebat tapi pernah memiliki terlalu banyak ambisi pribadi atau rakus. Kepemimpinan sendiri adalah kemampuan membuat orang tertarik tentang tujuan dan menuntun mereka untuk meraihnya. Para pemimpin tergantung pada banyak orang untuk meraih tujuan. Tapi mereka punya ketangkasan dalam menginspirasi dan menghadiahi orang.
Saat pilihan tegas harus dibuat, pemimpin sejati akan lebih dahulu mengumpulkan semua informasi dan member saran. Lalu dia akan membuat sebuah pilhan tanpa ragu. Kemampuan ini memberi orang-orang berikut kepercayaan diri, baik sebagai pemimpin maupun tujuan kepemimpinan.
Kepemimpinan mendatangkan tanggung jawab yang besar. Seorang pemimpin harus menghormati orang-orang berikut dan mengakui bahwa hanya hal kecil yang bisa diselesaikan oleh satu orang saja. Pemimpin yang baik harus menyimak untuk memberis saran dan menghadiahi mereka yang bekerja keras. Akhirnya, pemimpin yang baik seharusnya tidak pernah membiarkan kekuasaan yang sering diberikan berlangsung pada kepalanya. 

Manfaat dari karakter ini:
·         Kamu punya kesempatan untuk menginspirasi yang lain untuk bertindak.
·         Kamu dapat menciptakan sebuah  rasa terhadap tujuan dalam dirimu dan orang lain.
·         Kamu punya skill dalam mengelola orang atau membuat keputusan yang kokoh yang akan menolongmu maju dalam karirmu.
·         Kamu dapat merasa nyaman tentang semua pencapaianmu.

27. Loyal
Menjadi loyal atau satia terdiri dari keyakinan untuk sesuatu atau seseorang, bahkan ketika melakukan hal itu terasa  sulit. Loyalitas melibatkan keyakinan dasar dalam kebenaran yang dari sesuatu yang kamu tetap dengan melalui tebal dan tipis. Orang-orang bisa setia kepada negara mereka, keluarga mereka, tim olahraga, atau majikan mereka, misalnya.
Karena ada begitu banyak perubahan dalam hidup kita, hal ini seringkali menantang untuk setia. Seseorang setia kepada timnya, sampai mulai kehilangan permainan. Seseorang setia kepada teman, sampai dia menghadapi masa sulit. Seorang individu adalah setia kepada negaranya, sampai pemerintah melakukan sesuatu yang dia tidak setuju.
Orang yang setia tetap dengan sesuatu bahkan ketika waktu yang kasar atau perbedaan pendapat
terjadi. Mereka berkomitmen untuk ide dasar dari penyebabnya atau
orang mereka setia kepada, bahkan jika ada perbedaan pendapat atau sesekali kesulitan.
Tentu saja, ide dasar dari penyebab atau orang kadang-kadang berubah, dan kesetiaan kami dapat berubah sebagai hasilnya. Namun, menjadi bijaksana tentang kapan dan mengapa untuk melakukan perubahan itu adalah jantung menjadi loyal.

Manfaat dari karakter ini:
Mendapatkan loyalitas dari orang lain.
Memperoleh keuntungan finansial atau lainnya ketika hal atau orang yang setia kepadanya berhasil.
Terlihat sebagai karyawan diinginkan oleh majikan.
•Merasakan kegembiraan menjadi bagian dari tim pemenang jika mereka memiliki kesetiaan melalui saat baik dan buruk.

28. Berpikiran Terbuka
Orang-orang yang berpikiran terbuka tidak berprasangka. Mereka bersedia untuk mendengarkan ide-ide baru dan berbeda pendapat. Orang berpikiran terbuka cenderung tidak menghakimi orang lain berdasarkan ras atau jenis kelamin atau keyakinan. Mereka menunggu untuk melihat seperti apa orang sebelum penarikan kesimpulan. Dalam hal apa kamu berpikiran terbuka?
Beberapa orang belajar salah satu cara untuk melihat hal-hal dan tidak pernah mengubahpikiran mereka.
Yang lainnya mengeksplorasi ide-ide yang berbeda dan cara untuk melihat hal-hal lain. Kadang-kadang orang-orang yang berpikiran terbuka mengubah pikiran mereka dan melihat hal-hal yang berbeda. Mereka mungkin terbuka untuk menerima perbedaan antara orang-orang serta ide-ide baru.

Manfaat dari karakter ini:
Kamu dapat melihat banyak sisi untuk pertanyaan.
Orang menghormati kemampuan kamu untuk menghindari berprasangka orang atau situasi.
Karena tidak berprasangka, kamu dapat belajar dan tumbuh bukannya menutup
  kemungkinan-kemungkinan baru.
Kamu terbuka untuk terbaru dan terbaik ide yang datang bersama.

29. Sabar
Kamu menyadari bahwa kamu tidak dapat memiliki semua yang kamu  inginkan sekarang. Kesabaran dapat membantu kamu tetap dengan sesuatu ketika orang lain sudah menyerah karena kamu tidak terburu-buru untuk beralih ke hal berikutnya.
Beberapa orang merasa terburu-buru setiap waktu, gelisah saat sesuatu tidak terjadi segera. Yang lain tidak berpikir menunggu sesuatu terjadi. Mereka adalah orang yang sabar. Orang sabar tahu bahwa mereka tidak dapat mengendalikan segala sesuatu dan kadang-kadang mereka hanya harus menunggu.
Kesabaran dapat membantu kamu untuk sukses. Kamu dapat mengatasi proyek yang lebih besar karena kamu memiliki apa yang dibutuhkan untuk melihat secara keseluruhan. Kamu tidak perlu segera menghargai tetapi dapat melihat masa depan.

Manfaat dari karakter ini:
• Orang mengagumi kamu untuk berpegang dengan sesuatu sampai hal itu dilakukan.
• Di tempat kerja, orang lain mungkin menganggap
kamu bahkan-marah dan bisa diandalkan.
Kesabaran kamu membuat kamu terlalu stres atau marah ketika sesuatu yang salah.
• Kesabaran memungkinkan
kamu untuk mencapai hal-hal orang kurang sabar tidak bisa
  karena mereka menyerah.

30. Sopan
Menjadi sopan berarti bertindak benar dalam situasi sosial. Menjadi sopan
juga memiliki arti lebih kuno dari yang halus atau dibudidayakan.
Orang sopan perhatian dan berbicara dan bertindak dengan sopan santun.
Orang sering belajar sopan santun ketika mereka anak
kecil.
Apakah Anda sopan kepada orang yang Anda temui?
Sebagian tata karma ditetapkan oleh standar budaya Anda. Budaya Eropa memiliki standar yang berbeda dari kesopanan dari budaya Asia, misalnya. Apa yang sopan di satu negara atau pada satu waktu dalam sejarah mungkin tidak sopan di tempat lain atau pada waktu yang lain.Hal-hal tertentu yang diharapkan dari orang yang sopan di Amerika Serikat. Misalnya, Anda diharapkan untuk mengatakan "tolong" dan "terima kasih," untuk mengadakanpintu terbuka untuk orang di belakang Anda, tidak mengganggu orang, dan untukmenulis ucapan terima kasih saat menerima hadiah. Di negara lain,bersikap sopan mungkin melibatkan kata-kata atau tindakan lain.
Tidak peduli waktu atau tempat, orang sopan yang memikirkan orang lain
dan memperlakukan mereka dengan hormat. Ketika Anda sopan kepada orang-orang, biasanyamereka akan bersikap sopan kepada Anda.

Manfaat dari karakter ini:
• Orang-orang menemukan Anda sebagai orang yang menyenangkan.
•Anda membuat dan menjaga teman-teman.
• Anda menghindari konflik dengan orang lain.
• Anda dipersilakan sebagai tamu.
• Orang lebih sopan pada Anda.
•Anda memikirkan perasaan orang lain dan karena itu seseorang yang
tidak baik berurusan dengan orang-orang dari budaya yang berbeda.


No comments:

Post a Comment