Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 1 March 2016

Perpustakaan Kelas


Mungkin kata Perpustakaan Kelas masih terasa asing dalam dunia pendidikan di Indonesia. Perpustakaan diidentikan dengan suatu ruangan terpisah dari kelas, menyediakan berbagai macam buku baik buku pelajaran ataupun buku pengetahuan umum. Gedung perpustakaan mungkin 'pasti' ada di setiap sekolah menengah baik SMP maupun SMA tapi di tingkat SD belum semua SD memiliki gedung perpustakaan.

Kembali ke kata Perpustakaan Kelas. Perpustakaan kelas mungkin masih terasa asing, bahkan di tingkat sekolah menengah pun masih jarang kelas yang memiliki perpustakaan. Kalau kita melihat kelas-kelas di negara maju, bisa dipastikan kalau di tiap kelasnya mereka memiliki perpustakaan.

Perpustakaan kelas memainkan peranan penting dalam mencapai keterampilan membaca siswa. Menurut laporan NAEP, dalam kelas dengan perpustakaan yang didesain dengan baik maka akan memerikan ruang bagi siswa untuk lebih berinteraksi dengan buku-buku, memberikan kebiasaan yang positif, memberikan waktu yang lebih banyak untuk membaca, dan membantu siswa untuk menggapai pencapaian yang lebih tinggi dalam keterampilan membaca.

Dengan adanya perpustakaan kelas, maka siswa akan termotivasi untuk membaca. Akses siswa terhadap buku akan lebih dipermudah. Siswa bisa dengan langsung untuk memilih buku yang ingin dia baca tanpa harus berjalan ke gedung perpustakaan sekolah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan buku yang ingin dibaca di perpustakaan kelas, 50% nya tertarik untuk membaca dibandingkan dengan siswa yang tidak meiliki akses ke perpustakaan kelas. Dengan buku yang bervariasi akan memotivasi siswa untuk lebih banyak membaca, dan lebih banyak membaca, maka mereka akan menjadi pembaca yang lebih baik. Buku yang berkualitas akan menjadi alat untuk siswa berlatih membaca.

Perpustakaan kelas akan membantu siswa yang terbatas dalam mendapatkan akses untuk membaca. Banyak faktor yang menghalangi siswa untuk membaca, seperti faktor sosial ekonomi. Keluarga yang kekurangan dalam hal finansial akan sulit untuk memberikan fasilitas bagi anaknya untuk membaca. Perpustakaan kelas aan membantu siswa yang datang dari keluarga berpenghasilan rendah untuk mendapatkan akses membaca buku. 

No comments:

Post a Comment