Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Wednesday 6 April 2016

Analisis, Penyajian, dan Interpretasi Data Penelitian Tindakan Kelas

A. Hakikat Analisis, Penyajian, dan Interpretasi Data
Analisis data adalah upaya yang dilakukan oleh guru yang berperan sebagai peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang dipercaya dan benar (Mills, 2000).
Interpretasi data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Perlu diingat bahwa data yang dikumpulkan oleh guru yang juga berperan sebagai peneliti merupakan data kualititatif yang juga dianalis secara kualitatif-deskriptif.
Ada 3 langkah yang biasa diikuti dalam menganalisis data kualitatif, yaitu:
1. data dapat dibaca dengan mudah,
2. peneliti dapat memaknai data tersebut,
3. data dapat diinterpretasikan,
4. pertanyaan penelitian dapat dijawab.

B. Mengalisis dan Menyajikan Data
Data yang dikumpulkan dalam PTK lebih cenderung merupakan data kualitatif. Oleh karena itu, analisis data dilakukan secara kualitatif-deskriptif.
Analisis data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan data yang sudah ada, merangkumnya, kemudian menyajikannya dalam bentuk yang mudah dibaca ata dipahami.
Hasil analisis dapat berupa pemilahan dan pengelompokkan data berupa catatan singkat dan tanda-tanda/ lambang yang dibuat oleh pengamat dan catatan guru. Sajian analisis data kualitatif dapat dibuat dalam bentuk uraian singkat, bagan alur, atau tabel sesuai dengan hakikat data yang dianalisis.
Analisis yang akurat dan cara penyajian yang tepat akan memungkinkan tafsiran/ interpretasi hasil penelitian yang akurat dan valid. Oleh karena itu, dalam melakukan analisis, guru harus sangat teliti dan cermat.

No comments:

Post a Comment