Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday, 3 April 2016

Keterampilan Menjelaskan dalam Mengajar

A. Pengertian dan Tujuan
            Menjelaskan mengandung makna membuat sesuatu menjadi jelas. Dalam kegiatan menjelaskan terkandung makna pengkajian informasi secara sistematis sehingga yang menerima penjelasan mempunyai gambaran yang jelas tentang hubungan informasi yang satu dengan yang lainnya.
            Kegiatan menjelaskan bertujuan untuk:
1.    Membantu siswa memahami berbagai konsep, hukum, dalil, dan sebagainya secara objektif dan bernalar;
2.      Membimbing siswa menjawab pertanyaan yang muncul dalam proses pembelajaran;
3.   Meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berpikir yang lebih sistematis;
4.      Mendapatkan balikan dari siswa tentang tingkat pemahamnya terhadap konsep yang dijelaskan dan untuk mengatasi salah pengertian;
5.  Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati proses penalaran dalam penyelesaian ketidakpastian.

            Penguasaan keterampilan menjelaskan akan memungkinkan guru untuk:
1.     Meningkatkan efektivitas pembicaraan di kelas sehingga benar-benar merupakan penjelasan yang bermakna bagi siswa;
2.      Memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan;
3.      Membantu siswa menggali pengetahuan dari berbagai sumber;
4.      Mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar;
5.      Menggunakan waktu secara efektif.

B. Komponen-komponen Keterampilan Menjelaskan
1. Keterampilan merencanakan penjelasan
     a. merencanakan isi pesan (materi)
     b. menganalisi karakteristik penerimaan pesan
2. Keterampilan menyajikan penjelasan
     a. kejelasan
     b. penggunaan contoh dan ilustrasi
     c. pemberian tekanan
     d. balikan

C. Prinsip Penggunaan
            Dalam memberikan penjelasan, guru perlu memperhatikan hal-hal berikut:
1.      Memperhatikan kaitan antara yang menjelaskan, yang mendengarkan dan bahan yang dijelaskan.
2.      Penjelasan dapat diberikan pada awal, tengah dan akhir pelajaran.
3.      Penjelasan yang diberikan harus bermakna dan sesuai dengan tujuan pelajaran.
4.   Penjelasan dapat disajikan sesuai dengan rencana guru atau jika kebutuhan akan penjelasan datang dari pertanyaan siswa.

No comments:

Post a Comment