بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Thursday, 29 September 2016

Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu

A. Pengertian Pembelajaran Terpadu
Kurikulum terpadu adalah kurikulum yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemaduan isi, keterampilan dan sikap (Wolfinger, 1994:133). Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak.
Fokus perhatian pembelajaran terpadu terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusahan memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkan (Aminudin:1994). Berdasarkan hal tersebut, maka pengertian pembelajaran terpadu dapat dilihat sebagai:
1. Suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata perlajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling serta dalam rentang kemampuan dan perkembangan anak;
2. Suatu cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak secara serentak (simultan);
3. Merakit atau menggabungkan sejumlah konsep dalam beberapa mata pelajaran yang berbeda, dengan harapan siswa akan belajar dengan lebih baik dan bermakna.

B. Karakteristik Pembelajaran Terpadu
Penerapan pendekatan pembelajaran terpadu di sekolah dasar bisa disebut sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan, terutaman dalam rangka mengimbangi gejala penjejalan isi kurikulum yang sering terjadi dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah-sekolah.
Terdapat beberapa karakteristik dari pembelajaran terpadu, yaitu:
1. Pembelajaran terpadu berpusat pada siswa.
2. Pembelajaran terpadu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
3. Dalam pembelajaran terpadu pemisahan antar mata pelajaran menjadi tidak begitu jelas yang tema-temanya berkaitan dengan kehidupan siswa.
4. Pembelajaran terpadu menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran.
5. Pembelajaran terpadu bersifat luwes.
6. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.


No comments:

Post a Comment