Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Friday 10 March 2017

Keterampilan Menulis


Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai. Dengan keterampilan menulis yang cakap seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasannya untuk maksud dan tujuannya. Dalam menulis siswa memiliki tugas untuk menyusun kata dan kalimat dengan tepat agar tulisannya dapat dipahami oleh pembaca dengan jelas. Keterampilan menulis merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki siswa karena kemampuan menulis berpengaruh terhadap pembentukan kemampuan berbahasa lain, yaitu membaca, menyimak, dan berbicara.
            Keterampilan menulis tidak dapat dicapai dengan mudah. Untuk mendapatkan keterampilan menulis yang baik diperlukan latihan yang intens dan berkelanjutan. Latihan menulis itu banyak bentuknya. Seperti yang disampaikan oleh Hartati dan Cuhariah (2015: hlm, 167), berikut adalah beberapa ragam latihan menulis yang dapat dilakukan oleh siswa, yaitu: latihan menyalin, dikte/ imla, melengkapi dan mencocokan gambar dengan tulisan, dan mengarang sederhana.
Zuchdi dan Budiasih (1996: hlm, 62) menjelaskan bahwa kemampuan menulis merupakan jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat produktif, yaitu menghasilkan tulisan. Menulis memerlukan kemampuan kompleks, yaitu kemampuan berpikir secara teratur dan logis, kemampuan mengungkapkan gagasan secara jelas dengan menggunakan bahasa yang efektif, dan kemampuan menerapkan kaidah tulis-menulis dengan baik. Kemampuan ini meliputi diksi, ejaan, kaidah kebahasaan dan sistematika penulisannya.
Suriamiharja, dkk (1996: hlm, 1), mengemukakan bahwa keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang dalam melukiskan lambang grafik yang dimengerti oleh penulis bahasa itu sendiri maupun orang lain.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis adalah keterampilan seseorang dalam menyampaikan pesan, ide atau gagasan secara tertulis agar dapat dimengerti oleh orang lain.


No comments:

Post a Comment