Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Friday 10 March 2017

Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Suyono (1990, hlm. 45) menyatakan bahwa “fungsi utama bahasa adalah alat komunikasi, karena itu pengajaran bahasa didasarkan pada fungsi komunikatif bahasa”. Komunikasi yang dimaksud adalah suatu proses menyampaikan maksud kepada orang lain dengan menggunakan saluran tertentu. Komunikasi dapat berupa pengungkapan pikiran, gagasan, ide, pendapat, persetujuan, keinginan, penyampaian informasi suatu peristiwa. Hal itu disampaikan dalam aspek kebahasaan berupa kata, kalimat, frase, paragrap, ejaan dan tanda baca dalam bahasa tulis, serta unsur-unsur prosodi (intonasi, nada, irama, tekanan, dan tempo) dalam bahasa lisan (Naylor, 1987, hlm. 22).

Tujuan utama pengajaran bahasa penguasaan kompetensi dan kemampuan berkomunikasi (Suyono:1990, hlm. 45). Sesuai dengan arahan Depdikbud, bahwa fungsi dan tujuan dari pembelajaran Bahasa Indonesia adalah untuk meningkatkan kompetensi komunikatif sehingga siswa mampu untuk berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia secara lisan dan tulisan (Suparti: 2007, hlm. 28). Sesuai dengan Permendiknas No. 22/Tahun 2006 tentang standar isi mata pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia (Masrup: 2012, hlm. 144)


No comments:

Post a Comment