Menurut skinner (1985) dalam Nugroho dan Priatna (2016:153),
belajar merupakan suatu proses adaptasi perilaku yang berkembang terus menerus.
Hakikat
belajar ditandai oleh adanya perubahan tingkah laku pada siswa. Menurut Muryati
& Kusumaningsih (2011, hlm. 9) Tingkah laku belajar dapat diidentifikasikan
sebagai berikut: (1) Perubahannya bersifat konsisten, kontinyu, dan fungsional,
(2) Aktivitasnya dilakukan dengan sadar, (3) Perubahan bersifat aktif dan
positif, (4) Perubahan bukan merupakan proses kematangan, pertumbuhan, dan
perkembangan, dan (5) Perubahan tersebut terarah dan bertujuan.
Suryabrata (1980:19) menyatakan bahwa pembelajaran adalah
proses belajar dimana didalamnya terdapat interaksi, bahan dan penilaian.
Sedangkan tentang pengertian belajar banyak para ahli pendidikan berbeda-beda
dalam memberikan definisi belajar tersebut. Hal tersebut terjadi karena adanya
perbedaan dalam mengidentifikasi fakta serta perbedaan dalam
menginterprestasikannya. Dalam pembelajaran di kelas guru mengajarkan Bahasa
Indonesia sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang
telah ditentukan.
No comments:
Post a Comment