Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Wednesday 2 March 2011

Pantun Cinta: Romantisnya Menyampaikan Cinta dengan Pantun

Pantun cinta biasanya digunakan orang-orang untuk menyampaikan perasaannya dengan cara yang tidak biasa. Biasanya orang-orang dengan kadar romantis yang lumayan tinggi mampu untuk membuat sebuah pantun cinta yang memikat. Sebenarnya pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal di Nusantara Indonesia.  
Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), bersajak akhir dengan pola a-b-a-b (tidak boleh a-a-a-a, a-a-b-b, atau a-b-b-a). Menurut Sutan Takdir Alisjahbana fungsi sampiran yang ada dalam sebuah pantun  terutama rima dan irama adalah untuk mempermudah pendengar memahami isi pantun.
Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan namun sekarang dijumpai juga pantun yang tertulis.  
Sebagai alat pemelihara bahasa, pantun berperan sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berfikir. Pantun melatih seseorang berfikir tentang makna kata sebelum berujar. Ia juga melatih orang berfikir asosiatif, bahwa suatu kata bisa memiliki kaitan dengan kata yang lain. Secara sosial pun pantun memiliki fungsi pergaulan yang kuat, bahkan hingga sekarang.
Ada berbagai macam pantun yang bisa ditemui di Nusantara ini, yaitu: pantun adat, pantun agama, pantun budi, pantun jenaka, pantun kepahlawanan, pantun kias, pantun nasihat, pantun cinta, pantun perigabahasa, pantun perpisahan, dan pantun teka-teki.
Pantun cinta biasanya digunakan muda-mudi di masa lalu dan juga masa sekarang untuk menyampaikan perasaan kasih sayangnya. Berikut adalah contoh dari pantun cinta.

Coba-coba menanam mumbang
Moga-moga tumbuh kelapa
Coba-coba bertanam sayang
Moga-moga menjadi cinta

Ikan belanak hilir berenang
Burung dara membuat sarang
Makan tak enak tidur tak tenang
Hanya teringat dinda seorang

Kalau tuan pergi ke Tanjung
Kirim saya sehelai baju
Kalau tuan menjadi burung
Sahaya menjadi ranting kayu.

Begitulah, pantun cinta dapat digunakan oleh seseorang yang sedang kasmaran dan ingin mengungkapkannya seromantis mungkin. Dalam hal fungsi pantun sebagai bahasa pergaulan, orang yang mampu membuat pantun cinta adalah orang yang romantis dan cerdas. Pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan bermain-main dengan kata.
Seringkali isi pantun cinta ini bercampur dengan bahasa-bahasa lain. Berikut contoh pantun cinta dari kalangan pemuda:

Mawar merah tumbuh di dinding
Jangan marah, darling

Sebenarnya contoh pantun cinta di atas adalah karmina. Karmina merupakan pantun "versi pendek" yang hanya terdiri dari dua baris saja.

Pada masa yang lalu maupun masa sekarang para pasangan yang romantis biasanya saling berbalas pantun cinta. Seorang pria memberikan sebuah pantun cinta kepada seorang perempuan, lalu kemudian sang perempuan pun membalas pantun cinta yang diberikan oleh sang pria. Berikut adalah contoh pantun cinta yang saling berbalas:

Pria                  : Banyak bunga di taman cuma satu kupetik
              Banyak anak perawan cuma Adik yang cantik

Perempuan     : Banyak buah semangka dibawa dalam sampan
  Banyak anak jejaka cuma Abang yang tampan

Contoh lain pantun cinta yang saling berbalas adalah sebagai berikut:

Pria                  : Berjuta bintang di langit
  Satu yang bercahaya
  Berjuta gadis yang cantik
  Adiklah yang kucinta

Perempuan     : Pandai Abang merayu, hatiku rasa malu

Dari contoh-contoh pantun cinta di atas, bisa dilihat keromantisan yang ditimbulkan oleh pantun cinta. Bisa saja pantun cinta yang saling berbalas antara pasangan yang sedang berkasih sayang akan menambah keromantisan hubungan mereka.

Oleh: Mega

2 comments:

  1. Assalamualaikum,
    Hebat ya laila dengan pantun kita bisa sampaikan citan kita pada sesorang ya..hebat anugerah Allah swt.

    ReplyDelete
  2. hewan kelabang di ladang
    hewan ternak di pelihara
    si abang buat pantun
    sungguh enak pantunnya

    ReplyDelete