Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 22 May 2011

Sudahkan Layak Disebut Guru Terbaik


Apakah layak menyebut diri kita guru terbaik? Apakah layak kita berpuas diri dengan prestasi yang kita telah raih?
Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin saja terbersit dalam hati-hati kita sebagai guru setiap saat, khususnya diri saya pribadi. Sering saya bertanya-tanya apakah saya telah memberikan yang terbaik yang bisa saya berikan kepada murid-murid saya atau apakah dengan prestasi yang telah saya buat membuat saya merasa telah menjadi guru yang terbaik dan cukup dengan itu. Tentu saja jawabannya sangat mudah sekali saya dapatkan. Saya belumlah menjadi guru terbaik, tapi saya akan selalu memberikan yang terbaik yang bisa saya berikan kepada murid-murid saya, guru-guru yang lain dan masyarakat. Dalam rangka mewujudkan apa yang saya ingin capai saya berusaha dengan tulus meningkatkan kemampuan saya sebagai guru dalam bidang Bahasa Inggris. Banyak cara yang bisa saya lakukan untuk memberikan yang terbaik. Untuk meningkatkan kemampuan tentu saja banyak pelatihan yang harus saya ikuti dan tentunya saya terapkan untuk mengajar di kelas. Salah satu pelatihan yang saya ikuti adalah pelatihan Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Saat ini Bahasa Inggris masih menjadi bahasa asing di Indonesia, kita belum menjadikan Bahasa Inggris menjadi bahasa keseharian kita, sehingga sulit untuk membiasakan anak-anak untuk berbicara Bahasa Inggris dalam kesehariannya yang berimbas pada sulitnya mereka untuk mengingat kosakata Bahasa Inggris, tata bahasa atau berbicara Bahasa Inggris dalam kesehariaanya karena lingkungannya tidak berbicara Bahasa Inggris. Saya berusaha memberikan metode-metode mengajar Bahasa Inggris yang menyenangkan dan mudah sehingga pelajaran bahasa asing menjadi mudah untuk dipelajari. Saya berusaha mengajar dengan menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris untuk membiasakan mereka mendengar tutur Bahasa Inggris. Untuk menunjang pengajaran saya di kelas, saya membuatkan worksheet atau lembar kerja siswa (LKS) yang saya susun sendiri agar lebih mudah menerapkan metode pengajaran yang akan saya berikan.
Menurut saya kita akan menjadi guru yang lebih baik ketika kita bisa membagikan apa yang kita miliki dengan guru lain, oleh sebab itu saling berbagi adalah hal yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan mengajar kita. Saat ini saya mempunyai kesempatan untuk mengisi beberapa pelatihan untuk guru Bahasa Inggris di sebuah lembaga kursus Bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman dalam memberikan pelatihan-pelatihan, ternyata bukan hanya materi yang bisa saya berikan kepada peserta pelatihan, saya juga mendapatkan materi yang sangat banyak dari peserta pelatihan. Saya mendapatkan pengalaman-pengalaman berbeda dari setiap peserta pelatihan dan itu bisa menyegarkan dan meningkatkan kemampuan mengajar saya.
Rasa berpuas diri akan menjadikan kita tidak bisa memberikan yang terbaik yang kita miliki. Terus meningkatkan kemampuan diri dan haus akan ilmu akan menjadikan kita mampu untuk memberikan yang terbaik.


Laila Mega Wardhani
Guru Bahasa Inggris di sebuah SD Negeri di Bandung

1 comment:

  1. Alhamdulillah bagus sekali artikel ini,
    mago2 cik laila menjadi guru yang terbaik mendidik anak2 muridnya.

    ReplyDelete