Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 12 June 2011

Balada Sekelompok Pencopet


Pagi itu matahari bersinar dengan cerah. Baru saja mentari pagi beranjak, dengan cuaca yang sangat panas (sekali), saya memilih untuk duduk di kursi paling belakang. Menunggu minibus ini untuk beranjak. Sangat lama sekali bis ini ‘ngetem’ menunggu para calon penumpang. Akhirnya minibus ini pun pelan sangat bergerak mengantarkan para penumpang sampai ke tujuan masing-masing.
Dalam keheningan saya menikmati angin yang berhembus menembus pintu bis yang terbuka sangat lebar. Ketenangan itu terusik olah sekitar 2 atau 3 orang yang menaiki bis dengan gelagat yang aneh. Dan tak berselang lama sekitar 3 orang dengan gelagat yang sama anehnya menaiki bis. Deg…hati ini merasa tidak tenang. Sudah saya rasakan sekelompok orang dengan gelagat aneh ini mempunyai niat yang sangat tidak baik. Dan benar saja sekelompok orang ini ternyata adalah segerombolan pencopet professional.
Dimulai dengan gaya mereka yang terlalu ramai dalam berbicara dan berlaku. Membuka setiap kaca jendela bis. Mendesak orang-orang yang ada di dalam bis dengan mendorong sang calon korban. Yang saya amati dari para pencopet itu, mereka akan mendesak ke arah pintu keluar. Ketika calon korban bermaksud untuk menghentikan bis dan menuju pintu keluar, mereka-para pencopet itu akan mendesak dan mendorong-dorong si calon korban. Jika si calon korban lalai dengan kondisi tersebut, maka dompet atau handphone pun akan berpindah tangan. Biasanya para gerombolan ini beraksi pada saat tanggal-tanggal muda, ketika kondisi dompet dalam keadaan tebal.
Jadi, selalu perhatikan dan waspada terhadap keadaan sekeliling kita. Jangan lengah ketika dalam perjalanan. Simpan barang-barang berharga dalam tempat yang aman. Jangan terlalu mencolok memperlihatkan kekayaan kita dalam kendaraan umum. Siapkan uang untuk membayar bis di kantong terpisah. Jangan keluarkan dompet di dalam kendaraan umum.
Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi informasi yang berguna.

1 comment:

  1. Bismillah,
    Moga hati2 berwaspada dalam segala hal,kerana musibah akan berlaku tampa kita sedari yang ada sekeliling kita.
    Dan dalam segala hal maka kita berserah hanya pada allah agar allah melindungi kita...insyallah

    ReplyDelete