بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday, 20 December 2011

Hilangnya Kepercayaan Diri



Diantara kumpulan orang-orang hebat dengan talenta yang luar biasa tentu saja akan memberikan pengaruh yang sangat kuat, baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif.
Sisi negatif yang timbul ketika kita berada diantara orang-orang yang menurut pandangan kita hebat adalah perasaan minder. Walaupun dia memiliki talenta yang luar biasa, besar kemungkinan akan sulit baginya untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya. Hal ini bisa disebabkan karena pribadinya bukanlah pribadi yang terbiasa utnuk menonjolkan dirinya sendiri. Dengan dibawah bayang-bayang rekan, teman, atau partner dalam kelompok yang terbiasa menonjolkan diri, dirinya akan lenyap tertelan. Dia takut dalam menampilkan dirinya yang sesungguhnya. Takut orang-orang disekitar dia akan mencemooh ketika dirinya mengeluarkan kemampuan. Dia takut orang lain tidak akan terkesan dengan talenta yang ada pada dirinya. Yang pada akhirnya dia hanya akan jadi penonton di sudut ruangan saja.
Sisi positifnya adalah motivasi yang tinggi. Ketika berada di lingkungan orang-orang yang hebat, maka kita akan berusaha sekuat mungkin untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri kita. kita akan terus berusaha menggali terus kemampuan yang kita miliki.
Jadi, jangan takut akan penilaian orang lain terhadap diri kita. jangan takut akan kesan yang diberikan orang lain terhadap kita. jadikanlah kesuksesan orang lain motivasi untuk terus menggali dan memunculkan yang terbaik dari diri kita. dan yang terutama adalah teruslan berkumpul dengan orang-orang sholeh yang senantiasa saling nasihat menasihati. Wallahu’alam.

1 comment:

  1. Bismillah,
    Allahuakbar..kata2 yang penuh indah dan motivasi untuk diri....
    jazakillah

    ReplyDelete