Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 27 May 2012

Alasan Wanita Enggan Memakai Jilbab


Ada saja alasan-alasan yang diungkapkan oleh sebagian besar muslimah yang belum memakai jilbab kendati Al-qur’an sudah memerintahkan dengan jelas sekali agar muslimah menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangannya.
Banyak sekali alasan-alasan mengada-ada yang diungkapkan ketika ditanya mengapa belum berjilbab. Berikut adalah beberapa alasan yang diberikan oleh sebagian besar muslimah yang belum berjilbab.

1.    Jilbab tidak menarik sehingga muslimah yang memakainya dianggap tidak modern atau kampungan atau dianggap ketinggalan zaman. Padahal alasan ini sangat tidak masuk akal. Sadarkah ketika masih di zaman batu, atau pra sejarah, manusia memakai baju dengan bahan seadanya. Jadi bisa dikatakan yang memakai baju dengan bahan seadanya lebih kampungan dan tidak modern dibandingkan dengan masa Islam mewajibkan muslimah untuk menutup auratnya.
2.    Orangtua tidak mengizinkan untuk memakai jilbab sehingga takut berdosa jika tidak menurut pada orangtua. Sebenarnya siapakah yang harus kita taati. Orangtua tidak wajib kita taati ketika mereka bertentangan dengan apa yang diperintahkan oleh Allah. Allah lah yang harus kita taati. Perintah menutup aurat adalah perintah dari Allah sehingga tidak akan berdosa jika kita tidak mentaati orangtua yang tidak taat pada Allah.
3.    Merasa tidak nyaman menggunakan jilbab karena panas atau gerah. Tidakkah disadari bahwa panasnya api neraka jauh lebih panas daripada panasnya dunia. Ketika kita tidak taat pada perintah Allah maka Allah menyiapkan panasnya neraka bagi hambanya yang tidak taat.
4.    Takut tidak mendapatkan pekerjaan. Bukankah Allah yang member kita rezeki lewat pekerjaan yang kita dapat. Allah tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang taat. Pekerjaan tidaklah dilihat dari apa yang kita kenakan. Kemampuan kita lah yang harus menjadi standar kita untuk mendapatkan pekerjaan bukan karena penampilan kita yang mengumbar aurat.
5.    Takut tidak ada lelaki yang tertarik karena semua tubuhnya tertutup oleh jilbab. Ketahuilah bahwa lelaki yang baik akan memilih perempuan yang baik juga begitupun sebaliknya. Apakah lelaki yang baik akan memilih perempuan yang mengumbar auratnya pada semua orang yang tidak berhak melihatnya.
6.    Belum mendapatkan hidayah. Hidayah itu tidak akan datang dengan sendiri. Kita yang harus mencari hidayah itu. Carilah hidayah itu dengan banyak belajar dan membaca.
7.    Takut tidak konsisten memakai jilbab. Jangan jadikan muslimah yang tidak konsisten memakai jilbabnya teladan bagi kita. Ketika kita memutuskan untuk memakai jilbab, berazamlah untuk terus konsisten memakai jilbab dan terus berdo’a pada Allah agar dikuatkan untuk tetap istiqomah memakai jilbab.
8.    Memamerkan keindahan tubuh adalah hak dari perempuan itu sendiri. Tidakkah para muslimah itu menyadari bahwa dengan alasan hak untuk memamerkan tubuh yang tidak tertutup itu berarti merendahkan diri sendiri. Islam memerintahkan para muslimah untuk menutup auratnya adalah untuk melindungi hak dan martabat perempuan.
9.    Memakai jilbab kalau sudah tua saja. Kita tidak tahu usia kita sampai berapa tahun. Belum tentu usia kita sampai hingga usia tua. Maukah kita meninggal dalam keadaan kita tidak taat terhadap perintah Allah untuk menutup aurat.
10.  Memakai jilbab memerlukan kain yang tidak sedikit sehingga harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli 1 set lengkap pakaian muslimah. Ini jelas alasan yang sangat mengada-ada. Harga gaun yang terbuka bisa jadi lebih mahal daripada 1 set lengkap pakaian muslimah. Wallahu'alam ...^_^...

1 comment:

  1. trima kasih,dg adany ini saya smakin yakin akan terus memakai jilbab

    ReplyDelete