Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 3 June 2012

Hikmah Dipenjaranya Nabi Yusuf AS


Yusuf kecil mengadu kepada ayahnya perihal mimpinya semalam. Mimpi yang begitu aneh, bagaimana tidak aneh jika ada 11 bintang, matahari dan bulan yang bersujud kepadanya. Tatkala menceritakan perihal mimpinya kepada sang ayah, nabi Yaqub memerintahkan yusuf untuk tidak menceritakan tentang mimpinya kepada siapapun. Yusuf adalah anak yang paling dicintai oleh ayahnya sehingga membuat saudara-saudaranya yang lain iri. Hingga pada suatu saat keirian saudara-saudara dari yusuf memuncak dan memutuskan untuk membunuh yusuf kecil. Tapi salah seorang dari saudara yusuf berkata agar tidak membunuhnya melainkan membuangnya ke dalam sebuah sumur.
Setelah beberapa lama berada di dalam sumur akhirnya ada sekelompok pengembara yang menemukannya. Mereka mengangkat yusuf kecil dari sumur, membawanya ke kota dan menjualnya kepada seorang pembesar dengan harga yang murah. Yusuf kecil tinggal bersama dengan pembesar itu sebagai budak hingga usia dewasa, yaitu sekitar 19 tahun. Diusia 19 tahunnya Yusuf tumbuh menjadi seorang yang gagah dan sangat tampan. Ketampanannya memikat hati istri pembesar yang menjadi tuan dari Yusuf itu. Sampai pada suatu hari, istri pembesar itu tidak mampu lagi menahan nafsunya dan menggoda Yusuf dengan pesona kecantikannya.
Sebenarnya saat itu Yusuf pun menyukai Zulaikho, istri pembesar tersebut. Fakta bahwa sebenarnya Yusuf pun menyukai Zulaikho tidak banyak ditulis ketika menceritakan tentang kisah Nabi Yusuf. Dengan gejolak mudanya yang menggebu-gebu mustahil bagi Yusuf untuk tidak menyukai Zulaikho yang cantik. Hanya saja Yusuf lebih takut kepada dosa yang dibuatnya jika dia melayani pesona yang ditawarkan Zulaikho.
Karena merasa dipermalukan dan ditolak oleh Yusuf, maka Zulaikho pun memfitnah Yusuf menggodanya hingga Yusuf pun dipenjara karena fitnah yang dilayangkan oleh Zulaikho. Yusuf dipenjara selama 19 tahun. Saat dipenjara usia nabi Yusuf adalah 19 tahun jadi ketika keluar dari penjara usia nabi Yusuf sudah tidak muda lagi, yaitu sekitar 38 tahun.
Jadi apa sebenarnya hikmah dibalik dipenjaranya nabi Yusuf selama 19 tahun. Allah ternyata menyelamatkan Nabi Yusuf dari pengaruh dan godaan wanita yang terpesona kepadanya. Nabi Yusuf adalah seorang pemuda yang gagah dan sangat tampan. Ketampanannya membuat para wanita yang diundang Zulaikho untuk melihat ketampanan Yusuf mengiris tangannya sendiri saking terpesonanya oleh ketampanan Yusuf. Yusuf adalah seorang pemuda yang normal. Gejolak mudanya tentu saja membuat dia pun tertarik dengan pesona perempuan yang cantik. Fakta bahwa Yusuf menyukai Zulaikho menandakan bahwa hawa nafsunya sebagai laki-laki muda bergejolak. Bayangkan apa yang terjadi jika Yusuf tidak dipenjara dan berkeliaran dengan bebas. Akan ada banyak wanita-wanita yang cantik akan terus berusaha untuk menggodanya. Dengan gejolak mudanya, kemungkinan besar Yusuf muda pun akan tergoda dengan pesona wanita-wanita cantik itu. Maka saat itu Yusuf berkata “Wahai Tuhanku, penjara lebih aka sukai daripada apa yang mereka serukan padaku. Dan jika Engkau tidak menghindarkan tipu daya mereka daripadaku niscaya hatiku cenderung kepadanya, dan tentulah aku termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bodoh.”
Maka Allah pun mengabulkan do’a nabi Yusuf dan menghindarkan Yusuf dari godaan-godaan duniawi. Wallahu’alam …^_^…

No comments:

Post a Comment