Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Saturday 16 March 2013

Ciri – Ciri Orang Yang Dicintai Alloh


1.      Tidak terjebak dengan godaan dunia
          Alloh akan menjaganya dari godaan dunia. Fokus pada akhirat. Meletakan dunia itu ditangan bukan di dalam hati. Tapi terkadang kita lupa dengan tujuan kita yang sebenarnya. Kita lupa dengan kampung halaman kita sebenarnya, yaitu akhirat. Kebanyakan manusia lupa bahwa aka nada kehidupan lain setelah di dunia, kehidupan yang sebenarnya dan kekal. Kebanyakan manusia menyimpan dunia di dalam hatinya sehingga takut akan kehilangannya. Godaan dunia itu sangat menyenangkan. Kesenangan di dunia sungguh menarik hati. Benar apa yang pernah Rasululloh katakan bahwa surga dikelilingi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan sedangkan neraka dikelilingi oleh hal-hal yang menyenangkan.

2.      Pemahaman yang baik terhadap agama
          Jika kita mempelajari agama kita, Islam. Maka tidak ada hal lagi yang perlu ditakuti di dunia ini. Alloh akan mencintai hamban-Nya yang semangat dan antusias dalam menjalani perintah-perintah-Nya serta mengamalkan apa yang dipelajarinya itu. Benar kiranya perkataan amal tanpa ilmu itu sia-sia karena jika kita beramal tanpa tahu ilmunya maka hal itu akan sia-sia belaka.

3.      Sabar dan tabah dalam menghadapi ujian dan cobaan
          Ujian dan cobaan itu Alloh berikan tidak hanya ketika kita miskin, sempit, maupun menderita. Terkadang Alloh memberikan cobaan itu dalam bentuk kesenangan. Banyak dari manusia yang lulus ujian dalam bentuk penderitaan ataupun kemiskinan tapi gagal dalam ujian kesenangan dan kekayaan. Seperti halnya sahabat Nabi, Salabah yang gagal dalam ujian kekayaan. Kisahnya, Salabah memohon kepada Rasululloh agar dido’akan mendapatkan kekayaan yang melimpah ruah. Dan apa yang terjadi setelah Alloh mengabulkannya. Salabah, yang tadinya seorang sahabat yang sholeh jadi lupa diri karena kekayaannya. Dengan kekayaannya, menjauhkan Salabah dari Alloh. Banyak manusia terlena dengan kesenangan dan kekayaan.
          Di atas hanyalah sebagian ciri-ciri orang yang dicintai oleh Alloh. Semoga kita bisa termasuk kedalam 3 ciri-ciri orang yang telah disebutkan. Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk termasuk ke dalam 3 ciri-ciri orang yang dicintai oleh Alloh SWT, Aamiiin…
wallahu’alam …^_^...

16 Maret 2013

No comments:

Post a Comment