Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 12 March 2013

Oleh-oleh Nonton Konser Music Bank in Jakarta 2013


Saya nonton konser ini memang 99% karena ingin melihat ‘cowok-cowok cute’ saya Super Junior. 1% nya baru saya ingin menonton performa grup lainnya seperti Shinee, 2PM, Infinite dan yang lainnya. Rombongan kami sampai di tempat konser sekitar 30 menit sebelum acara dimulai. Kami serombongan ada 4 orang, 2 orang diantara kami belum mempunyai tiket dan akan membelinya pada calo dengan niatan akan membeli kelas yang bagus dengan harga yang murah. Singkat cerita, masuklah saya dan 1 orang teman saya itu ke dalam arena.
Ketika memasuki pintu masuk, pemandangan yang tidak sedap sudah terlihat. Tampak kekisruhan antara penjaga dan calon penonton. Setelah berhasil melewati gerbang pertama, suguhan sampah dimana-mana ‘menghibur’ kami. Berbeda sekali suasana kebersihan yang saya lihat di arena konser di negara kain seperti Jepang, Singapura, Malaysia ataupun Korea. Malu sekali rasanya melihat sampah yang berserakan hampir menutup tanah tempat kami berpijak.
Ditambah juga, adu argumen yang terjadi antara penjaga pintu dan calon penonton yang akan memasuki arena konser. Tampak calon penonton itu tidak terima karena kelas dimana seharusnya dia berada ternyata sudah ditutup karena telah penuh. Jelas si calon penonton tidak terima karena dia telah membayar mahal untuk kelas tersebut.
Akhirnya saya dan 1 orang teman saya itu berhasil masuk ke arena konser. Tampak sudah banyak penonton yang berdesakan di kelas festival (standing). Untung saja saya mengambil kelas yang paling murah yaitu kelas friendly (tribun), disediakan tempat duduk walaupun jarak panggung dan kursi kami sangat jauh. Tak apalalah, toh Super Junior hanya membawakan 3 lagu saja. Rugi bagi saya jika harus membayar mahal hanya untuk menyaksikan Suju dalam 3 lagu saja.
Seperti biasa, keterlambatan acara selalu terjadi di Indonesia. Yah, walaupun terlambat, kami disuguhi MV-MV dari berbagai group yang akan tampil mala mini. Walaupun hanya berupa MV tapi teriakan para penonton tidak kalah nyaring seperti jika melihat performa live mereka. Teriakan paling keras ketika MV Bonamana dari Super Junior ditanyangkan. Fanchant pun bergema di Gelora Bung Karno. Tidak disangsikan lagi Super Junior lah yang paling ditinggu oleh para penonton.
Akhirnya acara pun dimulai. Acara dibuka oleh penampilan tari ‘ondel-ondel’ dari Indonesia, acara ini juga sebagai tanda persahabatan antara Indonesia dan korea Selatan yang sudah terjalin selama 40 tahun, sehingga acara di konser ini di full dari artis-artis Korea Selatan saja. Walaupun menurut saya hal ini terlalu dipaksakan tapi biarlah, sudah lumayan ada juga penampilan dari Indonesia. Dan yang cukup membanggakan ketika tarian tradisional dari Indonesia ditampilkan teriakan ‘Indonesia, Indonesia, Indonesia’ bergema sepanjang tarian tersebut ditampilkan. Yah, ternyata para remaja ini cukup bangga juga terhadap apa yagn berasal dari negaranya sendiri.
Lalu keluarlah para MC untuk memandu acara, mereka adalah Nadya Mulya sebagai perwakilan dari Indonesia, Kyuhyun Super Junior, Taecyeon 2PM, dan satu lagi 1 anggota Sistar. Tentu saja Super Junior Kyuhyun yang paling banyak mendapat teriakan dari penonton. Oh ya, kali ini Gubernur DKI, Jokowi juga berkesempatan hadir menonton konser ini.
Teen Top menjadi pembuka konser ini. Jujur saja, saya tidak tahu siapa mereka dan apa lagu mereka, dan sepertinya sebagian besar penonton juga tidak mengetahui siapa itu Teen Top, terbukti dengan agak heningnya suasana di GBK. Dan lagi sempat terjadi kekacauan di awal konser. Terjadi ‘error’ pada audio sehingga penampilan Teen Top diulang.
Dilanjutkan oleh penampilan dari grup cewek Sistar.  Jujur juga saya tidak tahu lagu-lagu dari Sistar. Saya hanya tahu vokalis utamanya Sistar, Hyorin. Selama penampilan mereka, sepanjang lagu mereka menampilkan tarian yang menurut saya erotis. Betapa tidak erotis, mereka menari sambil terus menerus memperlihatkan ‘pantat’ dan ‘paha’ mereka. Kesannya mereka menjual pantat dan paha mereka dalam setiap tariannya.
Selanjutnya penampilan Eru, Beast, Afghan, dan Infinite yang saya kurang yakin urutannya. Yah, karena kurang familiar dengan mereka maka saya tidak terlalu memberikan perhatian lebih pada mereka. Yang paling bikin ‘surprise’ adalah ketika Eru dan Sistar Hyorin berduet membawakan lagu Indonesia berjudul ‘Kemesraan’. Seluruh penonton ikut menyanyikan lagu ‘kemesraan’ tersebut. Juga penampilan special dari OST drama-drama yang pernah popular di Indonesia. Juga ada penampilan dari boyband asal Indonesia yang melakukan debut di Korsel, S4.
Akhirnya 3 grup paling popular di Indonesia muncul. Diawali oleh penampilan Shinee dengan lagu teranyarnya ‘Dream Girl’ berhasil menyedot perhatian penonton. Fanchant Shinee cukup bergema di GBK. Mereka menyanyikan 3 lagu Lucifer, Sherlock, dan Dream Girl ditambah lagi sebelumnya mereka menyanyikan OST dari Boys Before Flower, ‘Stand By Me’.
Penampilan selanjutnya adalah 2PM yang menyanyikan 3 lagu juga. Heartbeat, I’ll be Back dan Hands Up. Lagu Hands Up berhasil memanaskan suasana GBK. Juga mereka cukup berhasil dengan fanservice nya. Mereka bersama-sama penonton menyanyikan lagu ‘Satu-Satu’. Yah walaupun fanservice nya ini pernah mereka lakukan juga dio konser solo mereka tapi tetap saja penonton gegap gempita menyanyikannya bersama 2PM.
Dan akhirnya penampilan yang paling ditunggu-tunggu, Super Junior. Teriakan penonton pun semakin menggila. Diawali dengan lagu “Bonamana’ versi rock. Mereka bernyanyi dengan full energy dan menularkannya pada penonton sehingga teriakan para penonton pun semakin beringas. Fanchant ‘Bonamana’ pun bergema di GBK ini, sampai-sampai tidak bisa dibedakan suasana konser di negara asalnya karena sebagian besar penonton yang berupa fans setia Super Junior hapal dengan fanchant nya.
Setelah memukau penonton dengan ‘Bonamana’, dilanjutkan dengan lagu ‘Oppa Oppa’ dari duet Donghae dan Eunhyuk, lagu ini juga mengundang penonton untuk meneriakkan fanchant untuk lagu ini. Dan diakhir lagu inim penonton disuguhi ‘crazy dance’ dari Yesung. Teriakan ‘Go Yesung, Go Yesung’ bergema di GBK. Penampilan Super Junior ditutup oleh lagu “sexy, free and Single’.
Oh ya, nasib kedua teman saya yang tidak bisa mendapatkan tiket akhirnya berhasil masuk ke arena tanpa tiket. Dengan bantuan dari 2 tiket dan acting yang cukup meyakinkan akhirnya mereka bisa masuk juga di tengah konser. Yah, begitulah kualitas keamanan di Indonesia. Orang tanpa tiket dapat masuk, menonton konser tanpa memiliki tiket.

9 Maret 2013

No comments:

Post a Comment