Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 22 April 2013

Mengapa Hobi Sangat Penting


Peredam stress
Pekerjaan yang menumpuk setiap harinya. Pekerjaan yang terkadang menuntut penuh perhatian kita menjadikan kita lelah dengan segala rutinitas pekerjaan. Terkadang rutinitas pekerjaan yang membosankan membuat kita jenuh sehingga bisa menimbulkan tekanan atau ‘stress’.
Hobi bisa mengalihkan fokus kita dari kehidupan yang serba sibuk dan menekan. Hobi adalah aktivitas yang disukai oleh kita sehingga dalam menjalankanya pun kita akan merasa gembira. Sejenak akan melupakan kesibukan kita yang padat. Otak kita akan merasa segar dengan melakukan hobi yang sangat disenangi sehingga kita akan siap kembali menghadapi kehidupan yang sibuk dan ‘kacau’.

Kesempatan untuk selalu tumbuh dan mendewasa.
Hobi bisa mengantarkan kita untuk menemukan jati diri kita, mengeksplorasi ‘bakat terpendam’ kita. banyak dari kita yang menjalani profesi yang dijalani sekarang ini hanya karena tuntutan medapatkan nafkah saja tanpa sebenarnya mengeluarkan semua bakat yang kita miliki. Misalnya, kita menjadi seorang staf marketing karena pekerjaan yang kita dapatkan adalah itu. Padahal sebenarnya bakat yang kita miliki ada suara yang bagus sehingga bisa menyanyi dengan indahnya. Dengan menyalurkan hobi menyanyi kita, kita akan mengasah bakat yang kita miliki. Semakin kita mengasah kemampuan bernyanyi semakin bagus juga kualitas suara kita. bisa saja suatu saat nanti kita mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang penyanyi terkenal. Banyak sekali contoh dari penyanyi terkenal yang berangkat dari hanya sekadar hobi saja.

Teman Baru.
Hobi bisa mengelurakan hasrat tersembunyi kita sehingga membuat kita menjadi pribadi yang menarik. Kita akan bisa dengan mudahnya bergaul dengan orang-orang yang memilki hobi yang sama dengan kita. Dengan memilki hobi kita bisa menambah lingkup pertemanan kita.
Sebagai contoh, saya memilki teman yang mempunyai hobi bersepeda, berpetualang melintasi berbagai gunung dan bukit dengan sepedanya. Bersama komunitasnya, setiap minggu dia berkumpul untuk bersepeda bersama. Selain sehat, hobi bersepeda pun menambah pertemanan.

Sumber pendapatan. 
Tujuan utama melakukan hobi memang bukan untuk mendapatkan sumber pendapatan. Tapi jika dengan mengerjakan hobi bisa mendatangkan uang mengapa tidak kita jalankan. Misalnya, kita hobi membuat sketsa wajah. Jika dengan kesenangan kita dalam membuat sketsa wajah ini mengundang orang banyak untuk memesan pada kita untuk membuatkan sketsa wajahnya, tidak ada salahnya kita menjadikan ini menjadi penghasilan. 

No comments:

Post a Comment