Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Wednesday 10 July 2013

Cara Jitu Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis tidak bisa diperoleh secara instan. Butuh proses panjang seperti latihan dan ilmu yang sesuai untuk bisa menulis dengan baik. Menurut Ari Kinoysan inilah cara-cara yang dapat diikuti untuk meningkatkan kemampuan menulis kita sebagai penulis pemula

 1. Buat catatan pribadi. Tulis apa saja dengan bebas tanpa editing.
Nah, sebagai penulis pemula, kita jangan malas untuk menulis. Tulislah apapun yang ingin kita tulis. Tulislah segala kajadian mengesankan yang kita alami. Tapi terkadang kita merasa malas untuk menuliskan catatan pribadi kita karena kita merasa jika kejadian yang kita alami tidaklah terlalu menarik untuk ditulis. Tipsnya sih, walaupun kejadian yang kita alami sederhana kita harus buat kejadian yang biasa itu jadi luar biasa.

2. Ikuti lomba-lomba penulisan untuk menguji nyali.
Banyak lomba-lomba penulisan yang tersedia. Apalagi jika kita ‘menfollow’ page tentang kepenulisan, biasanya banyak tersebar berbagai macam lomba dengan hadiah yang bervariasi, mulai hadiah yang biasa sampai hadiah yang cukup luar biasa. Intinya jangan ‘pundung’ kalau kita belum menjadi juara dari lomba tersebut. Anggap saja keikutsertaan kita dalam lomba penulisan itu untuk memberanikan diri kita untuk berkompetisi dan juga mengasah kemampuan kita dalam menulis.

 3. Rewrite catatan pribadi anda dengan lebih baik.
Katanya sih jangan malas untuk menulis kembali catatan pribadi. Nah, dengan kegiatan mencatat ulang, kita bisa memperbaiki tulisan kita sebelumnya dan memolesnya agar tampak lebih indah untuk dibaca.

 4. Rewrite materi dari media/buku/film yang menarik hati anda.
Setelah kita membaca buku yang kita suka. Kita bisa berlatih untuk menulis ulang isi dari buku tersebut dengan bahasa kita sendiri.

 5. Baca buku panduan, ikuti kelas-kelas penulisan, cari tahu ilmu penulis lain.

 6. Baca apa saja melebihi dari yang biasa anda baca.
Semakin banyak yang kita baca semakin banyak juga ilmu yang tersimpan di otak kita. dengan banyaknya informasi di data base kita (otak) maka ketika menulis kita akan terbantu dengan informasi-informasi yang ada di otak kita. Semakin banyak kita membaca semakin banyak juga yang bisa kita tulis.

 7. Komentarlah pada socmed penulis yang anda ikuti agar anda dikenali.

 8. Bergabung di grup penulis baik offline maupun online.

 9. Menghadiri kegiatan penulisan sesering mungkin.

 10. Menulis lebih banyak setiap harinya.
Jangan malas untuk menulis. Jadikanlah kegiatan menulis itu seperti kegiatan makan kita sehari-hari. Jika kita tidak makan maka kita akan sakit begitupun dengan menulis. Jika sehari saja kita tidak menulis, maka kita akan merasakan suatu kejanggalan dalam rutinitas kita.
 Menulis membutuhkan dedikasi dan waktu. Kita tidak bisa berharap menjadi penulis yang baik dalam waktu yang singkat. Butuh proses dan pengorbanan untuk menjadi kita mahir dalam menulis. Dan yang pasti, hal yang harus kita yakini adalah banyak membaca akan memudahkan kita untuk menulis.



Credit: Ari Kinoysan

No comments:

Post a Comment